• Ketua MKRI: Tuntutan Keadilan Sebagai Tuntutan Manusia di Semua Zaman

    Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Dr Anwar Usman SH MH saat stadium general di kampus STIH Muhammadiyah Bima.

    Bima, Zona Rakyat.-
    Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Dr. H. Anwar Usman, SH, MH mengatakan bahwa keadilan adalah pondasi persatuan dan kemajuan, sehingga keadilan sebagai tuntutan manusia di semua zaman.

    Hal tersebut disampaikan Ketua Mahkamah Konstitusi saat stadium general yang digelar STIH Muhammadiyah Bima dengan tema "Negara Hukum Sebagai Instrumen NKRI Berkeadilan, Bersatu dan Maju" di aula kampus setempat, Sabtu (19/6/2021).

    Dalam paparannya Anwar Usman banyak menyampaikan kisah keteladan tentang sikap adil yang luhur pada zaman dahulu, terutama oleh sahabat Rasulullah SAW. Dirinya menjelaskan pentingnya menegakkan keadilan melampaui tuntutan hukum normatif.

    "Keadilan melampaui tuntutan hukum normatif. Sebab ia merupakan tuntutan universal, menuntut standar moralitas puncak, menanggalkan standar sukuisme dan primordialisme. Sikap primordialisme inilah salah satu hambatan persatuan dan kemajuan kita," ungkapnya.

    Sementara Ketua Badan Pembina Harian (BPH) STIH Muhammadiyah Bima melalui H Ilyas Sarbini SH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Ketua MK RI1 kepada STIH Muhammadiyah Bima.
    Dirinya mengaku tersanjung dan terharu karena kehadiran yang mulia Ketua MK RI menjadi sesuatu yang berbeda bagi STIH Muhammadiyah Bima.

    "STIH telah berkomitmen, siap bertransformasi dan telah berproses untuk mewujudkan Universitas Muhammadiyah Bima (UMB)," terangnya.
    Guna mendukung hal itu STIH Muhammadiyah Bima tengah menyiapkan SDM tenaga pengajar meraih gelar doktor. Dalam waktu dekat 5 orang dosen kembali dikirim untuk jenjang S3.

    "Semoga kedepan dukungan yang mulia ketua MK RI ini memudahkan harapan mewujudkan Universitas Muhammadiyah Bima," harap mantan anggota KPU Provinsi NTB ini.

    Stadium general Ketua MK Dr Anwar Usman SH MH Dipandu Syamsudin SH MH.
    Negara Hukum sebagai instrumen NKRI berkeadilan, bersatu dan


    Ketua STIH Muhammadiyah Bima Dr. Ridwan, SH, MH juga menyampaikan terima kasih yang tulus atas berkenannya yang mulia Ketua MK RI Dr. H. Anwar Usman, S.H., M.H hadir berbagi pengetahuan dan inspirasi kepada civitas akademika STIH Muhammadiyah Bima.
    "Kehadiran yang mulia Ketua MK menjadi semangat dan motivasi untuk terus berbenah dalam menghadirkan perguruan tinggi yang menjadi kebanggaan masyarakat Bima," tuturnya. (ZR.04)