• Breaking News

    Ahmad Fayyadhil Juara Da'i Cilik Tingkat Kota Bima

    Kota Bima, Zona Rakyat.-Siswa SDIT Insan Kamil Kota Bima Ahmad Fayyadhil Asyilah berhasil menjadi juara Da'i Cilik dalam Festival Ramadhan 1442 H yang digelar PSLLC dan PGRI Kota Bima tahun 2021.

    Keberhasilan siswa kelas V SDIT Insan Kamil tersebut setelah tampil meyakinkan dihadapan para juri setelah dinyatakan masuk grand final pada proses seleksi awal video ceramah/kultum tentang kejujuran.

    Pada grand final yang dilangsungkan di aula SMAN 1 Kota Bima, Selasa (11/5/2021), Ahmad Fayyadhil Asyilah yang kerap disapa Adhil berhasil memukau dan menghipnotis para juri dengan kultum yang disampaikan langsung dihadapan dewan juri dan para undangan yang memenuhi aula SMAN 1 Kota Bima. Alhasil, putra kedua dari pasangan Asrul Sani SE dan Yeni Nurilah ST terpilih menjadi yang terbaik dari dua peserta lainnya.

    Prestasi cemerlang siswa kelas V SDIT Insan Kamil ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Dibudpora Drs H Supratman MAP dan Ketua PGRI Kota Bima Suhardin MPd. Atas prestasinya tersebut dirinya berhak membawa pulang piala, sertifikat dan uang pembinaan.

    Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dikbudpora) Kota Bima Drs H Supratman MAP mengatakan, kegiatan lomba atau festival seperti ini, hendaknya menjadi agenda rutin setiap tahun.

    Menurutnya, momen ramadhan menjadi ajang bagi anak-anak untuk menunjukkan kemampuannya terutama dalam menghafal dan memahami isi kandungan Al-quran, baik melalui lomba hafalan surat-surat pendek, adzan, kultum (da'i) maupun lainnya yang bermuatan religius.

    "Ini akan melatih anak-anak menjadi pribadi-pribadi yang mencintai Al-quran dan menjadi generasi qur'ani. Apalagi menghadapi era modernisasi, digitalisasi dan kebebasan penggunaan internet," kata mantan Sekretaris DPRD Kota Bima ini.

    Dijelaskan Supratman, pendidikan menjadi sangat penting bagi anak untuk membentuk karakter yang mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin modern. Tentunya, ada tiga komponen yang harus berperan dalam pendidikan tersebut yakni, orang tua, sekolah dan pemerintah. Namun yang juga tidak bisa diabaikan adalah peran lingkungan masyarakat.

    "Komponen-komponen ini harus menyadari dan laksanakan perannya masing-masing. Jika tidak maka akan sulit menemukan generasi yang tangguh menghadapi tantangan zaman," ingatnya.

    Sementara Ketua PGRI Kota Bima menyampaikan, terima kasih kepada orang tua, siswa dan sekolah yang mendukung kegiatan Festival Ramadhan 1442 H tahun 2021. Agenda ini katanya akan menjadi kalender tahunan yang digelar PSLLC dan PGRI Kota Bima dalam bulan Ramdhan.

    "Selamat kepada para juara baik siswa SD, SMP, SMA maupun guru yang mengikuti dan menjadi lomba ini. Kita akan bertemu dalam festival Ramaghan 1443 H tahun depan," pungkasnya. (ZR.06)

    Tidak ada komentar