• Peringati Hari Lahir, Desa Maria Gelar Festival Budaya Desa

    Foto bersama saat Festival Budaya Desa Maria

    Bima, Zona Rakyat.-
    Memperingati hari lahirnya, Desa Maria menggelar Festival Budaya Desa, Rabu (14/7/2021). Festival diawali dengan pawai budaya, dimulai dari kantor desa menuju cagar budaya Uma Lengge Wawo.

    Selain pawai budaya, festival juga mempertunjukan beberapa seni budaya, diantaranya Tari Manca. Tari ini sarat nilai luhur tinggi, sebagai simbol penghormatan pada kaum perempuan dimana masyarakat Maria sangat menghormati kaum perempuan.

    Festival budaya ini juga sekaligus memperingati hari jadi Desa Maria tanggal 15 Juli 2021. Seperti diketahui bahwa pada tanggal 17 Juli 1611 lahirlah Desa Maria.

    Pada momen tersebut  Pemerintah Desa Maria juga menyerahkan hadiah lomba kebersihan antar kampung oleh Camat Wawo Sarifudin S sos.

    Dalam pemberian hadiah, Sekdes Desa Maria menjelaskan, bahwa hadiah yang diterima oleh setiap dusun tersebut adalah sebagai bentuk penghormatan kepala desa kepada masyarakat di setiap dusunnya.

    "Hadiah itu untuk dusun yang berhasil memenangkan lomba. Sebagai bentuk apresiasi pribadi dari kepala desa. Kami Pemdes Maria juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat atas dukungan dalam gelaran festival ini," katanya.

    Ketua Adat Desa Maria, M Hasan H Abubakar B.A  mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas sumbangsihnya, sehingga festival budaya dan hari jadi Desa Maria bisa terlaksana dengan baik.

    "Mari terus kita jaga dan lestarikan budaya Desa Maria ini secara konsisten, terutama para genarasi muda Maria. Sehingga adat istiadat dan buada Maria ini bisa terus berkesinambungan antara generasi ke.generasi selanjutnya," harapnya.

    Festival budaya tersebut turut dihadiri Camat Wawo Sarifudin S Sos, Kapolsek Wawo Iptu Rusdin, Danramil Wawo Kapten Inf Ahmad, Pokdarwis, unsur Muspida serta masyarakat Desa Maria. (ZR.06)