• TEROBOSAN BARU KAPOLRES BIMA KOTA

    Oleh : Munir Husen 
    (Dosen STIH Muhammadiyah Bima)

    Hari Kamis tanggal 28 Oktober 2021 Ketua STIH Muhammadiyah Bima Dr. Ridwan M. Said. SH., MH beserta Dosen menghadiri undangan Bapak AKBP Henry Novika Chandra. SIK., MH selaku Kaplores Bima Kota di ruang kerja Kapolres Bima Kota. 

    Undangan tersebut adalah menjalin hubungan yang harmonis dan bersinergi antara Polres Bima Kota dengan STIH Muhammadiyah Bima. Dalam upaya mewujudkan keamanan masyarakat Kota Bima, bebas dari segala ancaman kejahatan yang mengganggu Kantibmas. Mewujudkan Kota Bima yang aman, Kota Bima yang damai. Serta Kota Bima yang bebas dari virus-virus kemaksiatan.
    Semua ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab bersama atas gangguan Kantibmas. Sehingga diperlukan masukan dari Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima dan untuk membangun sinergitas atas kesamaan visi, kesamaan tujuan, dan kesamaan out come yang menjadi tujuan adalah terjaganya Kantibmas di Kota Bima.

    Selama ini, hubungan informal Polres Bima Kota dan Polres Bima dengan STIH Muhamadiyah Bima terbangun dengan baik.  Namun belum pernah terjalin hubungan formal kemitraan institusi Kepolisian Resort Kota Bima dengan STIH Muhammadiyah Bima.
    Baru di Tahun 2021 Kepolisian Resort Bima Kota dipimpin oleh Bapak AKBP Henry Novika Chandra membuka akses  komunikasi dengan STIH Muhammadiyah Bima. Disamping hubungan informal yang sudah terbangun dengan baik. Bahkan Perguruan Tinggi STIH sudah siap mendukung dan bermitra dengan Polres Bima Kota terutama dalam bidang Kantibmas.

    Terobosan Bapak Kapolres Kota Bima membuka akses bermitra dengan STIH Muhammadiyah Bima untuk menjaga Kantibmas patut “diapresiasi”. Ide dan gagasannya sangat konstruktif menjadi cacatan tersendiri bagi Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima. Sebab selama ini belum pernah terjadi STIH Muhammadiyah Bima diundang untuk menjadi mitra untuk masalah Kantibmas. Dan ini menjadi historikal awal untuk bersinergi terus pada tahun-tahun yang akan datang.

    Saat ini, Bapak Kapolers Bima Kota dalam proses penyelesaian tingkat Doktoral (S3) di Universitas Brawijaya Malang sebagai Candidat Doktor ilmu hukum. Disinilah salah satu pintu masuk titik taut mudahnya membangun komunikasi Polres Bima Kota dengan Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima, karena memiliki kesamaan pada bidang disiplin ilmu hukum.
    Pada saat pertemuan, Bapak Kapolres Bima Kota menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketua dan Dosen STIH Muhammadiyah Bima di Polres Bima Kota, merupakan kehormatan bagi kami serta jajarannya atas keluangan waktu untuk merajut silaturahmi Polres Bima Kota dengan Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima.

    Disamping itu, Bapak Kapolers Bima Kota Menyatakan, bahwa perguruan tinggi adalah salah satu mitra strategis dalam mengelola Kantibmas yang memiliki kompleksitas luar bisa. Sehingga perlu ada kesamaan visi bagaimana upaya untuk mengatasi Kantibmas tersebut.
    Agar tercipta Kota Bima yang aman, Kota Bima yang damai dan Kota Bima yang rukun, serta Kota Bima yang jauh dari kejahatan dan kekerasan.

    Semua ini adalah ikhtiar bersama dalam rangka terwujudnya kondisivitas Kantibmas dibawah domain Polres Bima Kota.
    Ditambah lagi dengan mahasiswa dan alumni STIH Muhammadiyah Bima dari Korps Bayangkara ini dengan jumlah yang sangat fantastis luar biasa tiap tahun, dalam catatan penulis pada tahun 1986 Korps Bayangkara sudah bergabung menjadi mahasiswa STIH Muhammadiyah Bima dan diwisuda pada tahun 1990.
    Dan sampai saat ini, Korps Bayangkara masih menjadi mahasiswa STIH Muhammadiyah Bima. Semua ini bukan terjadi secara alamiah namun dalam proses yang panjang dilalui karena ada kepercayaan institusi Polres pada Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima.

    Ketua STIH Muhammadiyah Bima DR Ridwan SH MH mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Institusi Kepolisian Resort Bima Kota, Kepolisian Resort Bima dan Kepolisian Resort Dompu dalam rangka memotivasi anggotanya melanjutkan pada jenjang Pendidikan Tinggi di STIH Muhammadiyah Bima. Apalagi STIH Muhammadiyah Bima sudah memiliki rencana membuka Strata dua Ilmu Hukum (S2) dalam beberapa waktu kedepan.

    Pertemuan awalnya Kapolres Bima Kota memenuhi undangan silaturahmi dan Kuliah umum civitas akademika STIH Muhammadiyah Bima oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Bapak Dr Anwar Usman. SH., MH.,. Bapak Kapolres Bima Kota, Bapak Kapolres Bima dan Bapak Dandim 1608 Bima sempat hadir di Kampus Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima. Itulah cikal bakal pertemuan dengan Kapolres Bima Kota. Dan terjadilah gayung bersambut untuk membangun hubungan sinergitas di antara kedua institusi tersebut.

    Kapolres Bima Kota memiliki komitmen yang kuat terhadap Law Infocement di wilayahnya, agar segala macam gangguan terhadap Kantibmas bisa diatasi. Law Infocement itu bisa dilakukan dengan proses hukum, dapat juga dengan upaya preventif. Namun hal itu bukanlah harga mati bagi Polres Bima Kota, sangat tergantung dengan kualifikasi kejahatan yang dilakukan. Seberapa besar gangguan stabiltas Kantibmas oleh kejahatan tersebut.
    Upaya lain dalam menjaga stabilitas Kantibmas Polres Bima Kota dengan cara humanis. Ketika polisi banyak senyum kepada masyarakat, ketika polisi mengancungkan jempol sebagai pujian pengguna jalan yang tertib lalu lintas, Ketika polisi santun menyapa, ketika tanpa pamrih membantu warga atau ketika bertugas piket menerima dengan ramah (https:www.krjogja/anggkaring/opini/menjadi-polisi-humanis/).  

    Hal inilah menjadi atensi Bapak Kapolres Bima Kota, butuh masukan agar penanganan Kantibmas bisa berjalan dengan baik berdasarkan hukum. Itulah sebabnya Polers Bima Kota mengundang unsur Pimpinan dan Dosen Perguruan Tinggi STIH Muhammadiyah Bima. Agar bisa memberikan kontribusi pemikiran dan solusi terhadap penanganan Kantibmas.
    Pada kesempatan yang sama pula, Ketua STIH Muhamadiyah Bima menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolres Bima Kota yang telah meluangkan waktunya untuk menerima kunjungan STIH Muhmammadiyah Bima. Dan pertemuan ini diharapkan mampu mempererat jalinan kerja sama di masa mendatang. Dr Ridwan M. Said SH., MH mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya rencana Bapak Kaplores Kota Bima untuk menegakkan hukum dan menjaga Kantibmas di wilayah hukum Polres Bima Kota.
    Jika sinergitas terjalin dengan solid, maka Polres Bima Kota dengan STIH Muhammadiyah Bima bisa melakukan pengembangan ide dan gagasan yang lebih serius, peluang kerja sama sangat mungkin dilakukan. Misalnya pada bidang pengkajian, penelitian, dan sebagainya untuk menambah kualitas sumber daya manusia unggul, berkualitas dan profesional. Dengan demikian Polres Bima Kota akan menjadi pilot projek bagi Polres-Polres lainnya.
    Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban Ketua STIH Muhammadiyah Bima mengatakan salah satu mitra Kerja STIH Muhammadiyah Bima adalah Polres Bima Kota untuk memberi masukan terhadap masalah-masalah hukum yang menjadi domain Polres Bima Kota. Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama Bapak Kaplores Bima Kota dengan Jajaran STIH Muhammadiyah Bima. (*)