• Program Guru Tamu SMKN 2 Kota Bima Hadirkan Kepala Mekanik PT Berlian Cahaya Motor

    Guru Tamu Gufran dari PT Berlian Cahaya Motor saat memberikan materi di hadapan siswa SMKN 2 Kota Bima

    Kota Bima, Zona Rakyat.-
    SMK Negeri 2 Kota Bima, sebagai instansi Pendidikan Vokasi di bawah kementrian pendidkan dan kebudayaan, harus memiliki sistem pendidikan selaras dengan industri. Oleh karena itu, berbagai upaya dan program dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut.

    Hal itu dikatakan Kepala SMKN 2 Kota Bima Fathur Rahman ST ditemui di ruangannya, Sabtu (30/10/2021).

    Menurut Fathur Rahman, selain Praktik Kerja Industri yang wajib diikuti oleh siswa kelas XIII, ada satu kegiatan yang pada semester ini mulai dilaksanakan SMK Negeri 2 Kota Bima secara berkala dan terencana bagi siswa tingkat XI dsn XII.

    "Kegiatan ini dikenal dengan kegiatan Guru Tamu atau Expert Day," kata Fathur sapaan akrab Kepala Sekolah.

    Dikatakannya, kegiatan ini adalah sebuah kegiatan pematerian kepada siswa dengan mengundang para pemateri “expert” di bidangnya yang dihadirkan langsung dari industri. Hal ini dirasa sangat tepat dan menarik siswa karena pemateri dapat menyampaikan materi sekaligus dapat berbagi pengalaman langsung di industri mereka bekerja.

    Kegiatan ini memiliki berbagai tujuan dan manfaat, di antaranya adalah dapat membuka wawasan siswa mengenai dunia industri yang ingin digelutinya. Selain itu, melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan di sekolah, hingga memperoleh peningkatan sistem pendidikan di sekolah yang sesuai dengan industri.

    SMK Negeri 2 Kota Bima kata Fathur, melaksanakan kegiatan guru tamu pada semester ini diawali dengan menghadirkan instruktur atau pemateri dari PT. Berlian Cahaya Motor Bima, yang merupakan bengkel resmi dari PT. Mitsubishi.

    "Kegiatan ini diikuti oileh siswa dari kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Teknik Ototronik (TOT)," terangnya. Kehadiran guru tamu untuk kompetensi keahlian yang sama direncanakan 3 kali dalam sebulan dengan topik yang berbeda di setiap pertemuan. Topik yang dipilih adalah yang sesuai dengan minat siswa untuk bekerja ataupun berwirausaha.

    Diharapkan Kepala Sekolah, dengan adanya kolaborasi melalui program guru tamu ini, terbentuk ikatan kepedulian dan saling berbagi dari para alumni yang menjadi narasumber dengan adik-adik yang akan segera lulus dan bergabung bersama alumni lainnya.
    Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga silaturahmi alumni dengan sekolah untuk terus bergotong royong bersama sekolah membangun sistem pendidikan yang senantiasa selaras dengan kebutuhan industri terkini.

    Pada Pertemuan pertama, menghadirkan Gufran, Kepala Mekanik PT Berlian Cahaya Motor yang juga alumni SMKN 2 Kota Bima angkatan ke-2. Pada pertemuan pertama ini disampaikan materi terkait “Diesel Common  Rail System”. (ZR.03)