• Breaking News

    BPBD Gelar Simulasi Penanganan Bencana Antisipasi Ancaman Banjir

    Kabupaten Bima, Zona Rakyat - Dalam mengantisipasi munculnya ancaman bencana banjir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bima bersama dengan para mitra baik dari TNI/ Polri dan instansi vertikal lainnya atas dukungan ADRA Indonesia  Kamis (25/11/21) Simulasi Ruang Darurat Bencana Banjir Integrasi Covid-19 dengan mengangkat tema “Bersama Menuju Bima Tangguh Bencana”. di Ruang  Rapat Utama Kantor Bupati Bima.

    Bupati Bima yang diwakili Kalak BPBD Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma AP saat membuka kegiatan menyampaikan, simulasi ruang darurat bencana banjir  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan, koordinasi dan komando yang lebih baik bagi pemerintah Kabupaten Bima  Dalam kesiapsiagaan masyarakat dalam menangani  ancaman bencana banjir 

    Dihadapan kepala BPBD Provinsi NTB, Kasdim 1608/ Bima, Kapolres Bima, Kapolres Bima Kota, Pimpinan OPD dan Camat lingkup Kabupaten Bima,  Kalak BPBD kabupaten Bima  mengatakan, simulasi darurat bencana integrasi covid-19  dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi perencanaan kebijakan prosedur dan mekanisme penanganan darurat bencana serta mengidentifikasi kesenjangan sumber daya.

    Upaya ini juga ditujukan untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi organisasi, memperjelas peran dan tanggung jawab antar institusi. Pada saat yang sama langkah ini ditujukan untuk melatih personal dalam peran dan tanggung jawab, meningkatkan pemahaman perorangan atau kelompok masyarakat, menguji validasi efektivitas pelaksanaan suatu rencana Kapan yang digunakan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan unsur pimpinan beserta jajarannya”. Ungkapnya.

    Sementara itu Direktur ADRA Indonesia Amiruddin Magatani dalam sambutan secara virtual menyampaikan, kegiatan simulasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menghadapi bencana banjir bandang.

    “Melalui simulasi, kita bisa lebih fokus dan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sehingga apa yang menjadi arahan fasilitator bisa dilaksanakan dengan baik”. Pungkasnya

    Di akhir sambutannya, Amiruddin Kemukakan bahwa komunikasi dan koordinasi merupakan aspek yang paling penting agar penanganan bencana banjir di Kabupaten Bima bisa berjalan dengan baik. Tandasnya.(ZR-04).

    Tidak ada komentar