• Breaking News

    Siswa SMKN 2 Kota Bima Ikuti Ujian Kompetensi Keahlian

    Salah seorang Tim Penguji dari Astra Motor Bima saat menguji siswa SMKN 2 Kota Bima kompetensi keahlian teknik bisnis sepeda motor.

    Kota Bima, Zona Rakyat
    .-Usai melaksanakan ujian sekolah, siswa SMKN 2 Kota Bima mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan sejak tanggal 23 hingga 30 Maret 2022.

    Pelaksanaan UKK sendiri dilaksanakan di bengkel dan laboratorium masing-masing kompetensi.

    Kepala SMKN 2 Kota Bima Fathur Rahman ST menjelaskan, ujian kompetensi keahlian diikuti sebanyak 351 siswa dari 13 kompetensi keahlian yang ada di SMKN 2 Kota Bima.

    Dikatakan Fathur, Ujian Kompeteni Keahlian terdiri dari Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Ototronik (TOT), Teknik Pengelasan (TPL), Bisnis Konstruksi danta Properti (BKP), Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Teknik Geomatika (TGEO), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Komputer Jaringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU), serta Multimedia (MM) juga Kimia Industri (KI).

    Dalam ujian kompetensi tersebut kata Kepala Sekolah, masing-masing siswa dihadapkan dengan materi ujian sesuai dengan keahliannya. Misalnya saja kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) diuji dengan materi ujian KKNI Level II kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif. 
    "Pengujinya adalah dari  Mitsubishi Bima. Begitu juga dengan kompetensi keahlian lainnya melibatkan pihak lain untuk mengujinya," terang Fathur

    Dalam pengujian yang dilaksanakan selama 6 hari tersebut melibatkan sejumlah penguji dari 13 dunia usaha dan dunia industri diantaranya Mitsubishi Bima, Astra Motor Bima, Oto Service, CV. Pratama Mandiri, PT. Prospera Consulting Engeenering Bima, CV. Bimantara Konsultan. Selain itu juga dari CV. Tesco Konsultan Indonesia, Wahdah Elektronik Service, Bima Com, PT PLN Cabang Bima, Karya Perdana Digital, Jaya Teknik, dan DLH Kabupaten Bima.

    "Pelibatan orang-orang dari dunia usaha dan dunia industri sebagai penguji ini dapat memberikan penilaian optimal sesuai standar yang berlaku di dunia usaha dan dunia industri," harap Fathur.

    Dirinya berharap, siswa siswi SMKN 2 Kota Bima memiliki kompetensi keahlian sesuai standar yang diharapkan oleh dunia usaha dan dunia industri. (ZR.06)

    Tidak ada komentar