• Breaking News

    Siswa SMKN 2 Kota Bima Juara Lomba Daur Ulang Sampah

    Siswa SMKN 2 Kota Bima meraih juara lomba Kreasi Daur Ulang Sampah yang digelar Komunitas Hijau Jao Bima

    Kota Bima, Zona Rakyat
    .-Siswa SMKN 2 Kota Bima, Kompetensi Keahlian Kimia Industri, Muhammad Syahrullah dan Muhammad Yusril berhasil meraih juara pertama lomba daur ulang sampah. Lomba tersebut diadakan Komunitas Hijau JAO Bima, Sabtu (5/3/2022) di Fix Laluna Lawata Kota Bima.

    Siswa SMKN 2 Kota Bima berhasil mengungguli SMKPP Negeri Bima di tempat kedua dan MAN 2 Kota Bima di tempat ketiga, pada presentasi hasil karya di Fix Laluna Lawata. Para juara mendapatkan hadiah piala, plakat dan uang tunai.

    Ketua Panitia Lomba Abdurrahman menjelaskan, kegiatan yang digelar Komunitas Hijau JA Bima dalam rangka memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.
    "Lomba ini perdana yang kita lalukan, insya Allah setiap tahun akan diadakan," ujarnya.

    Lebih jauh Abdurrahman menjelaskan, bahwa lomba ini selain memperingati HPSN juga untuk menyadarkan masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima. Terlebih kepada siswa dan siswi SMA dan sederajat dalam hal kebermanfaatan sampah yang ada di Kota dan Kabupaten Bima.
    "Situasi Bima saat ini menghasilkan banyak sampah hingga berton ton dalam sehari," terangnya.

    Mengingat jumlah sampah yang banyak ini, maka Komunitas Hijau JAO Bima menggelar lomba daur ulang sampah, sebagai salah satu upaya agar sampah bernilai guna. Anak-anak muda meminimalisir sampah yang ada dengan mengalahkan.
    "Kami sangat berharap masyarakat terutama generasi muda dapat merubah sampah menjadi barang yang berharga dan bernilai ekonomis di lingkungan tempat tinggalnya," harapnya.

    Sebelumnya panitia telah menyeleksi hasil karya melalui video 20 peserta dari siswa SMA/SMK/ MA sederajat dari Kota Bima dan Kabupaten Bima. Terpilih tiga finalis yang lolos untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan juri di Fix Laluna Lawata Kota Bima.

    Dua siswa SMKN 2 Kota Bima yang meraih juara lomba kreasi daur ulang sampah.

    Kepala Program Teknik Kimia Industri SMKN 2 Kota Bima Eni Rahayu Ningsih SPd mengaku bangga atas prestasi siswanya. Meski kompetensi keahlian kimia industri ini terbilang baru di SMKN 2 Kota Bima, namun sudah mampu memberikan prestasi yang luar biasa.


    Hal senada juga disampaikan Kepala Bengkel Kimia Industri Fitriani SPd. Dirinya juga mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswa binaannya.
    "Ini adalah prestasi yang sangat membanggakan. Sebelumnya kita juga pernah meraih juara pada lomba Pitch Competition NTB 2021 melalui Sabun Herbal Rumput Laut di Lombok Barat," terangnya bangga. (ZR.06)

    Tidak ada komentar