• Breaking News

    UM Bima Resmi Menjadi Universitas Pertama di Bima



    Bima, Zona Rakyat, - STIH Muhammadiyah Bima kini resmi berubah status menjadi Universitas Muhammadiyah Bima (UM Bima), dan menjadi Universitas pertama di Bima. Perubahan tersebut berdasarkan Salinan Surat Keputusan Kemendikbutristekdikti RI No. 144/E/O/2022 tentang perubahan Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Bima menjadi Universitas Muhammadiyah Bima yang di selenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah tertanggal, 11 Maret 2022. Kamis, (17/03/2022).

    Dalam surat keputusan tersebut memuat 5 (lima) Prodi Program Sarjana (S1), yakni Prodi Ilmu Hukum, Prodi Ilmu Komputer, Prodi Gizi, Prodi Kewirausahaan, dan Prodi Teknik Sipil. Semua prodi tersebut telah memenuhi syarat akreditasi minimum Baik oleh BAN-PT RI.

    Dr.Ridwan, SH. MH menyatakan bahwa Ikhtiar membangun Universitas dimulai sejak tahun 1987 oleh sesepuh dan pendahulu. 

    "Pertama, Ihtiar mendirikan Universitas ini telah lama dirintis sejak 25 Mei 1987 oleh sesepuh Muhammadiyah dan pendahulu, dari generasi ke generasi,  Alhamdulillah baru sekarang terwujud" jelasnya.

    Dr. Ridwan pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dan mendoakan atas capaian perubahan bentuk   STIH Muhammadiyah Bima menjadi Universitas Muhammadiyah Bima ini.

    " Terutama doa yang mulia Ketua MKRI Prof. (HC) Dr. Anwar Usman, S.H., M.H, Bapak Kemendikbudristekdikti Mas Nadiem Makarim, Prof. Dasi Astawa, M.Si Kepala LLDIKTI VIII dan tim, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc, Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, SH., MH Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah – NTB, Sesepuh Muhammadiyah Kota dan Kab. Bima, Tim Perintis UM Bima, Dosen,  Organisasi Kemahasiswaan, Mahasiswa, Alumni, Mitra, dan semua pihak turut membantu dan selalu mendoakan" imbuhnya

    Dr. Ridwan juga berharap, dengan lahirnya Universitas di Bima Dompu ini, dapat membawa kebaikan dan kontribusi untuk peningkatan SDM dan kemajuan daerah serta bangsa kedepan. Ia mengundang putra putri Bima-NTB, dan NTT untuk bergabung menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Bima (UM Bima).

    "Dari aspek kesiapan,  bahwa sarana dan prasarana semuanya telah memadai, kelas telah dilengkapi AC, dan akan terus di perkuat. Ia Menargetkan pada sisi SDM tenaga pendidik dalam tempo antara 5-7 tahun sudah  S3 semua, sehingga dapat membuka semua prodi program Pascasarjana, sedangkan dalam tempo 10 sd 12 tahun semua prodi sudah memiliki minimal 5 Profesor," Katanya.

    Selain itu, dari sisi Manajerial Universitas Muhammadiyah Bima berupaya mengembangkan pelayanan mutu  berbasis pada Teknologi Informasi (TI), pada aspek kinerja institusi ia menargetkan dalam tempo antara 5-8 Tahun semua prodi sudah terakreditasi Internasional

    " Dengan target itu  tentu akan meningkatkan daya saing dan kemajuan daerah dan bangsa, serta siap membangun Kerjasama dengan semua pihak" tutupnya (ZR-04).

    Tidak ada komentar