• Breaking News

    Dandim 1608 Bima Silaturrahmi Dengan Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Bima

    Munir Husen 
    (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima)


    Komandan
    Distrik Militer 1608 Bima Letkol (inf) Muhammad Zia Ulhaq, S. Sos, tanggal 27 September 2022 mengunjungi Kampus Universitas Muhammadiyah Bima (UM.Bima), dalam rangka merajut silaturrahmi untuk mempererat hubungan institusi TNI Kodim 1608 Bima dengan Universitas Muhammadiyah Bima.
    Silaturrahmi tersebut, dihadiri oleh Dandim 1608 Bima dan Jajarannya, juga dihadiri oleh Kepala Kesbang Limnas Kota Bima Dr Hasim sebagai alumni perguruan tinggi Muhammadiyah dan jajarannya. Acara silaturrahmi tersebut diterima langsung oleh Dr. Ridawan SH. MH selaku Rektor Universtas Muhammadiyah Bima. Hadir pula pada acara silaturrahmi Pembantu Rektor, Dekan fakultas serta Dosen dalam acara tersebut.
    Sejak berdirinya Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bima, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu hukum Muhammadiyah Bima sampai terjadi perubahan status Menjadi Universitas Muhammadiyah Bima baru kali Pertama Kampus Universitas muhammadiyah Bima dikunjungi oleh Dandim 1608 Bima.
    Kunjungan kehormatan yang pertama kali oleh Dandim 1608 Bima adalah kunjungan yang memiliki nilai histrorical tersendiri bagi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Bima di Tahun 2022. Kunjungan ini perlu diapresiasi oleh Civitas Akademika sebagai tonggak sejarah baru terjalinnya silaturrahmi institusi TNI bersama Universitas Muhammadiyah Bima.
    Sebagai Dandim 1608 Bima Letkol  (Ifn) Muhammad Zia Ulhaq yang low profil dan atas kesederhanaannya sebagai top leader di institusi TNI Dandim 1608 Bima menjadi magnet tersendiri bagi Rektor, Pembantu rektor, Dekan dan para dosen. dimomnet silaturrahmi, yang sangat kental dengan nilai-nilai ukhuwah waktunya berlalu  terasa singkat.
    Kunjungan Letkol (inf) Muhammad Zia Ulhaq menjadi moment yang sangat penting bagi Universitas Muhammadiyah Bima, bisa berbagi dan shering pengalaman untuk kemajuan Kota Bima serta mencegah terjadi gangguan Kantibmas. Sehingga tercipta iklim Kota Bima yang kondusif, aman, tertib dan damai.
    Letkol (Inf) Muhammad Zia Ulhaq sebagai Dandim 1608 Bima menyampaikan gagasan dan pokok pikiran selama bertugas di Bima pada forum silaturrahmi dengan Universitas Muhammadiyah Bima bagaimana kedepannya agar terjadi perubahan di masyarakat pada setiap aspek kehidupan.
    Ide dan gagasan Dandim 1608 Bima langsung direspon oleh Dr. Ridwan HM. Said selaku Rektor Unuversitas Muhammadiyah Bima untuk bersama-sama ikut mengambil bagian dan peran serta dalam melakukan perubahan dimasyarakat sesuai dengan tupoksi masing-masing.
    Universitas Muhammadiyah Bima siap berkoloborasi dengan Dandim 1608 Bima untuk mendukung sepenuhnya ide dan gagasan yang positif bagi kemajuan Kota Bima. Salah satu diantaranya adalah menjaga Kantibmas diwilayah teritorial Kota Bima, melalui penyuluhan hukum bersama.
    Rektor UM. Bima Dr. Ridwan H. M Said SH. MH, menyampaikan rasa bangganya serta ucapan terima kasih kepada Dandim 1608 Bima dan jajarannya atas kesediaan megunjungi Universitas Muhammadiyah Bima dalam rangka bersilaturahmi dengan civitas akademika Universitas muhammadiyah Bima.
    Bahkan kunjungan ini Dandim 1608 Bima ini, oleh Rektor UM. Bima telah menawarkan kuliah umum kepada Dandim 1608 untuk memberikan materi pada mahasiswa terkait dengan bela negara, wawasan kebangsaan dan sebagainya. Universitas Muhammadiyah Bima akan memberikan waktu dan kesempatan pada dosen tamu yang memberikan kontribusi positif pada pendidikan tinggi.
    Sebab materi tersebut bagi mahasiwa sangat penting pada tataran aplikatifnya agar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bima dapat memahami betapa pentingnya mempertahankan NKRI ini. TNI memiliki semboyan bahwa, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati sebagaimana cita-cita Bapak bangsa yaitu The Founding Fathers.
    Kuliah umum ini bagi mahasiswa menjadi sangat penting dilakukan karena mahasiswa generasi penerus bangsa. Hal ini untuk memperkuat krakter wawasan kebangsaan bagi para mahasiswa sehingga tidak gampang terpengaruh oleh pikiran-pikiran sesat dan tindakan yang tidak sejalan dengan nilai-nilai yang terkadung didalam dasar negara pancasila.
    Inilah salah satu tawaran Rektor Universitas Muhammadiyah Bima terhadap Dandim 1608 Bima, agar bisa mengisi kuliah umum bagi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Bima. Dan tawaran inipun telah direspon oleh Dandim 1608 Bima sebagai tawaran yang positif, sehingga Universitas Muhammadiyah Bima tinggal menjadwalkan kuliah umum sesuai dengan waktu Dandim 1608 Bima.
    Banyak hal yang menjadi harapan Dandim 1808 Letkol (inf) Muhammad Zia Ulhaq pada mahasiswa harapan bangsa, agar menyampaikan aspirasi  dengan santun, bermartabat sehingga tidak menimbulkan anarkis. Dan kualitas aspirasi yang disampaikan dapat dicermati oleh Pemerintah baik pusat maupun Pemeritah daerah untuk mencari solusi yang tepat.
    Semoga silaturrahmi ini menjadi modal dasar sebagai perekat untuk bisa terus mendiskusikan ide serta gagasan atas permasalahan bangsa untuk mencari jalan keluar yang sesuai dengan koridor hukum yang berlaku di NKRI sebagaimana amanat UUD 1945. !!!.
    (Penulis: Anggota DPRD Periode 2004-2009)

    Tidak ada komentar