• Insan Kamil Terapkan Full Day School

    Siswa SDIT Insan Kamil Kota Bima sedang beradaptasi dengan full day school atau sekolah 5 hari (Zara)

    Kota Bima (zonarakyat)-Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Kamil Kota Bima menerapkan sistem full day school atau lima hari sekolah. Penerapan sistem tersebut dimulai sejak Senin (14/8). Hal tersebut dikatakan Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP saat ditemui di sekolah setempat Selasa (15/8).
    Menurutnya, penerapan full day school telah dilaksanakan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Begitu juga SDIT Insan Kamil, hanya saja istilah full day school baru dikenalkan sekarang.
    “Kita memang sudah laksanakan full day school selama ini. Dengan pemenuhan waktu belajar selama 40 jam setiap minggu,” jelas Erni sapaan wanita berhijab ini.
    Menurut dia, full day school tersebut dilihat dari pemenuhan waktu belajar sebanyak 40 jam setiap minggu. Waktu tersebut bisa dipenuhi dalam waktu 6 hari atau bahkan 5 hari sekolah. Jika waktu tersebut bisa ditempuh dalam waktu 5 hari dengan penambahan waktu belajar hingga 1,5 jam maka sekolah hanya dalam waktu 5 hari.
    “Ini yang kita lakukan di SDIT Insan Kamil saat ini. Dua minggu ini kita adaptasikan dulu anak-anak dengan menambahan waktu di sekolah. Masuk pukul 07.30 Wita dan pulang pukul 14.30 Wita,” terangnya. 
    Hal itu juga atas permintaan orang tua siswa, agar sistem tersebut dicoba dulu tidak langsung diterapkan secara utuh. Sehingga sekolah memutuskan waktu adaptasi selama dua minggu.
    Pada September nanti, kata dia mulai diterapkan secara utuh full day school dengan masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 15.30 Wita.
    Kepala Sekolah mengaku, anak-anak sangat antusias menginginkan full day school. Karena mereka telah terbiasa ada di sekolah.
    Ditegaskan Erni, guru dan perangkat serta fasilitas sekolah sudah siap dengan sistem full day school. 
    Penerapan sistem ini diharapkan anak-anak memiliki waktu yang lebih banyak bersama keluarga di rumah. 
    “Sabtu dan Minggu adalah waktu yang cukup bagi orangtua dan anak-anak bersama,” ujarnya.
    Erni berharap sistem full day school di SDIT Insan Kamil dapat berlangsung secara baik dan didukung orangtua dan seluruh elemen yang ada. Sehingga visi dan misi SDIT Insan Kamil dapat diwujudkan. (ZR03)