• 300 Mahasiswa Baru IAIM Bima Ikuti PBAK

    Wakil Rektor II IAIM Bima Abdussahid MPd saat penyematan pin peserta kepada mahasiswa baru IAIM Bima untuk mengikuti PBAK, Senin (4/9/2017).


    Kota Bima, (Zona Rakyat).-Sebanyak 300 mahasiswa baru Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK).
    Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari mulai tanggal 4 hingga 6 September 2017 dipusatkan di GSG Muhammadiyah Salama Kota Bima.
    Kegiatan PBAK dibuka Wakil Rektor I Fathurrahman MAg dan dihadiri Wakil Rektor II Abdussahid MPd, dekan, sejumlah dosen dan Panitia PBAK.
    Dalam sambutannya Wakil Rektor I Bidang Akafemik Fathurrahman MAg mengatakan, IAIM Bima sebagai perguruan tinggi yang siap menjadikan mahasiswa sebagai langkah untuk mencerahkan akal dan hati.
    Kecerdasan akal katanya, tidak cukup menjadi orang yang sukses tetapi harus didukung juga oleh kecerdasan hati atau emosional.
    “Keduanya harus selalu sejalan. Karena ini terinspirasi dari Al-quran Surat Al Imran ayat 190-191,” ujar Fathurrahman dihadapan ratusan mahasiswa baru IAIM Bima, Senin (4/9).
    Sementara Ketua Panitia Pelaksana Anwar Sadat MPdI menjelaskan, kegiatan PBAK diikuti sebanyak 300 mahasiswa baru dari 3 fakultas dan 6 prodi yang ada di IAIM Bima. Ketiga fakultas tersebut yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah. “Tiga fakultas ini terdiri dari 6 program studi (prodi) yakni S1 Pendidikan Bahasa Arab, PGMI, PIAUD, Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga,” jelas Sadat panggilan akrab Ketua Panitia.
    Dikatakannya, kepada mahasiswa baru diberikan materi yang berkaitan dengan
    Muhammadiyah. Bagaimana peran dan kontribusi Muhammadiyah kepada NKRI sebagai negara kesaksian dan negara pembuktian.
    Selain itu mahasiswa juga dibekali dengan materi budaya akademik, etika pergaulan, tata tertib mahasiswa dan pedoman pembinaan mahasiswa. 
    “Diberikan juga materi fiqih ibadah dan pengenalan unit kegiatan mahasiswa serta profil prodi IAIM Bima,” terang Sadat.
    Ketua Panitia Anwar Sadat MPdI saat menerima mahasiswa baru yang akan mengikuti PBAK.

    Melalui kegiatan PBAK selama tiga hari, mahasiswa baru diharapkan sadar atas tugasnya sebagi seorang mahasiswa. Sebagai aktor yang merubah pola hidup masyarakat dan menjadikan tugas itu sebagai pengabdian kepada Allah SWT.
    Ditambahkan, semakin terjalinya hubungan yang baik antara mahasiswa senior dan yunior serta seluruh civitas akademika IAIM Bima. 
    “Yang tidak kalah pentingnya, mereka mengenal Muhammadiyah sebagai harakah dakwah. Sebagai gerakan dakwah islam yang berkemajuan dan sebagai organisasi Islam terbesar yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan lainnya,” ungkap pria yang kerap memakai peci ini.
    Diakuinya, sejak dibuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018, sedikitnya 500 calon mahasiswa yang mendaftar di IAIM Bima. Namun setelah proses seleksi yang dilakukan secara ketat, hanya 300 mahasiswa yang diterima. Yang juga diserahkan oleh Ketua Panitia penerimaan mahasiswa baru DR Ruslan MAg kepada Ketua panitia PBAK Anwar Sadat MPd untuk mengikuti PBAK selama 3 hari.
    “Kita berharap mereka ini mengikuti PBAK dengan baik dari awal hingga akhir,” harap Ketua Panitia yang didampingi Sekretaris Panitia DR Azhar MPd. (ZR.04)