• 630 Mahasiswa PPL STKIP Bima Kembali Ke Kampus

    Kepala Unit PPL STKIP Bima, Buana Bima Fikri SH MM

    Kota Bima,(Zona Rakyat).-Sebanyak 630 mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PPL) dari program studi matematika, biologi, fisika, sosiologi, kimia dan bimbingan konseling STKIP Bima ditarik kembali ke kampus. Penarikan tersebut dilakukan serentak setelah mereka selesai melaksanakan praktek kerja lapangan selama dua bulan sejak Agustus lalu. Hal itu dikatakan Kepala Unit PPL STKIP Bima, Buana Bima Fikri SH MM di kampus setempat, Senin (9/10).
    Dijelaskannya, sebanyak 630 mahasiswa PPL tersebut telah melaksanakan program prakteknya di wilayah Kota dan Kabupaten Bima. Mereka tersebar di SMP/MTs dan SMA/MA baik negeri maupun swasta.
    “Di Kota Bima ada 20 sekolah sebagai lokasi PPL. Sedangkan di Kabupaten Bima ada 24 di bawah naungan Dikbud dan Kemenag. Jadi ada 44 sekolah yang ditempati para mahasiswa untuk prakteknya. Jalur koordinasi dan rekomendasi,” terang pria yang kerap disapa Fikri ini.
    Menurut Fikri, kegiatan PPL dilaksanakan sebagai kewajiban sebuah perguruan tinggi dalam upaya melatih mahasiswa mempraktekkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Mereka dihadapkan pada kondisi sebenarnya di lapangan, layaknya seorang pendidik berhadapan dengan anak didiknya.
    “Para mahasiswa dituntut belajar menjadi seorang guru atau pendidik yang baik dan profesional yang memiliki kemampuan dalam mentransfer ilmu kepada siswanya,” terang pria hitam manis ini.
    Hal itu sesuai dengan visi STKIP Bima yang akan menjadikan lulusannya sebagai guru yang unggul dan profesional serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
    Selama PPL kata dia, mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan juga guru yang ada di sekolah tempat kegiatan PPL. Oleh karena itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada para dosen pembimbing, lebih-lebih kepada Kepala Sekolah dan guru di masing-masing sekolah lokasi PPL. Mereka dengan ikhlas dan sabar membimbing para mahasiswa agar memiliki jiwa sebagai seorang pendidik.
    “Banyak pelajaran yang dipetik ketika PPL. Bagaimana menghadapi siswa dengan berbagai karakter dan latar belakangnya,” imbuhnya.
    Sejumlah mahasiswa yang siap ditarik kembali ke kampus usai pelaksanaan PPL di MAN 1 Kota Bima, Senin (9/10).

    Sementara Ketua Yayasan STKIP Bima Taufikurrahman SH MH menyampaikan terima kasih kepada dinas Dikbud Kota dan Kabupaten Bima, UPT Dikpora Provinsi, Kepala Sekolah dan jajarannya juga semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan PPL hingga selesai.
    “Harapan kita kemitraan ini akan terus berlanjut dalam kegiatan-kegiatan berikutnya dalam menciptakan insan pendidik generasi penerus bangsa,” harapnya. (ZR.02)