• 64 Peserta Ikuti Tes Tulis Panwascam Kota Bima

    Para peserta mendapatkan pengarahan dari Bawaslu NTB  sebelum tes tertulis. 


    Kota Bima (Zona Rakyat).-Sebanyak 64 orang mengikuti tahapan tes tertulis Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kota Bima, Selasa (17/10) dipusatkan di SMPN 1 Kota Bima.
    Seleksi tertulis sebagai kelanjutan tahapan seleksi administrasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. 
    Koordinator Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu NTB Umar Ahmad Seth SH MH memberikan pengarahan sebelum pelaksanaan tes tulis kepada para peserta.
    Dirinya mengaku pelaksanaan tes tulis ini dalam upaya menjaring 6 peserta terbaik dan memiliki nilai tertinggi. 
    “Peserta ini akan dikerucutkan menjadi 6 orang masing-masing kecamatan. Mereka akan mengikuti wawancara untuk menentukan 3 terbaik sebagai anggota Panwaslu Kecamatan,” jelasnya.
    Dirinya mengingatkan, pelaksanaan tes tertulis ini dilakukan secara transparan dan objektif. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing menjadi yang terbaik. “Saya ingatkan, tidak ada main titip menitip semua punya kesempatan yang sama,” tegasnya.
    Dijelaskan Umar, Panwascam adalah penyelenggara pemilu yang akan melaksanakan tugas pengawasan di tingkat kecamatan.
    Sebagaimana amanah Undang Undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017, Panwascam memiliki tugas dan wewenang melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu. Selain itu mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu di
    wilayah kecamatan.
    Panwascam juga katanya, memiliki tugas untuk mencegah terjadinya praktik politik uang dan mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam undang-undang ini,” bebernya.
    Sementara Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kota Bima Muhaimin SPdI mengatakan, sebanyak 64 peserta tes tertulis adalah yang lulus seleksi administrasi. Dari 70 orang peminat yang memasukan berkas lamaran, namun yang lulus administrasi sebanyak 64 orang.
    “Semua peserta yang lulus administrasi ikut juga tes tertulis,” ujarnya usai pelaksanaan tes tulis di SMPN 1 Kota Bima.
    Pengumuman hasil tes tulis kata Muhaimin, akan dilakukan Kamis (19/10). Mengingat jajaran staf sekretariat Panwaslu akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) peningkatan kapasitas SDM yang berlangsung di Hotel Marina selama dua hari.
    “Bintek ini menghadirkan 
    narasumber dari Bawaslu Provinsi NTB Itratif ST MT yang juga sebagai Koordinator Divisi organisasi dan SDM Bawaslu NTB,” terang Muhaimin.
    Dirinya berharap seleksi tertulis tersebut dapat memberi hasil terbaik untuk mengikuti tahapan wawancara yang akan ditentukan jadwalnya lebih lanjut.
    Pantauan wartawan, pelaksanaan seleksi diawasi langsung tim Pokja Seleksi Panwascam dan anggota Panwaslu Kota Bima. Berlangsung selama 120 menit dengan jumlah soal sebanyak 100 nomor. (ZR.04)