• Uji Kompetensi, Akbid SMB Gelar Try Out

    Para peserta saat mengikuti try out di Akbid Surya Mandiri Bima
    Kota Bima, (Zona Rakyat).-Sebanyak 34 Ahli Madya Kebidanan Akademi Kebidanan (Akbid) Surya Mandiri Bima (SMB) mengikuti kegiatan try out. Kegiatan yang digelar di kampus setempat, Rabu (4/9) sebagai persiapan untuk menghadapi uji kompetensi secara nasional.
    “Uji kompetensi (ukom) ini akan digelar selama 2 hari (Jumat dan Sabtu) ini di Kampus Akbid Harapan Bunda,” terang Direktur Akbid Surya Mandiri Bima Saraswati Haylian Chiani, SST, M.Kes ditemui di kampusnya.
    Dijelaskan Lian begitu wanita cantik ini biasa dipanggil, tiga perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi Kebidanan di Bima mengutus lulusannya untuk mengikuti uji kompetensi secara nasional.
    Oleh karenanya, selama dua hari Rabu dan Kamis, Akbid Surya Mandiri Bima mempersiapkan lulusan yang baru diwisuda beberapa waktu lalu untuk mengikuti try out.
    “Meski mereka sudah lulus namun kampus masih memiliki tanggung jawab. Bagaimana lulusan kami bisa lolos uji kompetensi semua,” harapnya.
    Para peserta uji kompetensi selama dua hari dibekali dengan try out. Mereka mengolah dan mengasah kembali kompetensi kognitif atau pengetahuan. Mengingat selain kognitif, peserta juga akan menghadapi uji keterampilannya.
    Pihaknya akan membekali dulu para peserta dengan pengetahuan bagaimana mengasah kembali ilmu dan keterampilannya.
    Termasuk mengisi lembaran kerja komputer (LJK). Karena tidak sedikit kelemahan peserta bukan pada menjawab soal namun lebih pada pengisian LJK. Oleh karenanya para peserta dibekali dulu dengan trik mengisi LJK yang benar, cepat dan tepat.
    “Hari ini kita berikan soal kepada mereka melakukan penilaian. Besok kita akan lakukan pembahasan terhadap soal yang diberikan. Nanti ada tim yang akan mengolah kenapa jawaban itu A atau B. Sehingga para peserta akan lebih paham dan siap menghadapi uji kompetensi nanti,” pinta wanita berkerudung ini.
    Dirinya berharap para peserta dari Akbid Surya Mandiri Bima dapat meraih hasil terbaik dan lulus uji kompetensi. (ZR.02)