• Anggota PPK dan PPS se Kota Bima Dilantik

    Suasana pelantikan Anggota PPK dan PPS
    se Kota Bima di aula SMKN 2 Kota Bima, Sabtu (18/11).


    Kota Bima, (Zona Rakyat).-Sebanyak 139 anggota PPK dan PPS se Kota Bima dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kota Bima Bukhari S,Sos. Pelantikan tersebut dilangsungkan di aula SMKN 2 Kota Bima, Sabtu (18/11).

    Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua KPU Provinsi Lalu Aksar Anshori, Plt Sekda Kota Bima DR H Syamsuddin, Wakil Ketua DPRD Kota Bima M Syafi’i, Komisioner KPU, Panwaslu Kota Bima, SKPD, Camat dan Lurah.
    Ketua KPU Provinsi NTB H Lalu Aksar Anshori mengatakan, pelantikan ini sebagai awal tugas dan tanggung jawab serta komitmen sebagai penyelenggara pemilu.
    Tanggung jawab ini sebenarnya telah ditunjukkan sejak meringankan langkah mendaftarakan diri dan mengikuti seluruh tahapan tes tulis juga wawancara.
    “Menunggu pengunuman dan akhirnya dilantik, bahkan bersumpah dihadapan Allah dan disaksikan kita semua sebagai bentuk komitmen. Dan ini sangat tinggi nilainya,” kata Lalu Aksar Anshori.
    Dirinya berharap seluruh anggota PPK dan PPS dapat melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, riang dan gembira. Dengan cara itu maka akan dirasakan nikmatnya setiap tugas yang diemban itu.
    Lalu Aksar juga menambahkan, menjadi penyelenggara harus mampu melaksanakan tugas dan tanggungbjawab dengan mengedepankan netralitas dan independensi. 
    “Kalau sudah jadi penyelenggara, ya tidak bolehlah KTP diserahkan untuk dukungan independen. Kita juga tidak bolehlah punya KTA partai. Meskipu kita punya keluarga, sahabat dan kerabat sebagai peserta Pemilu, tetapi kita harus netral melayani dengan adil dan setara,” ingatnya.
    Kata Ketua KPU Provinsi, sebanyak 139 anggota PPK dan PPS yang dilantik adalah bagian dari 3991 penyelenggara pemilu di NTB. Menjadi orang-orang terpilih dari 165.000 penduduk Kota Bima.
    Sementara Walikota Bima melalui Plt Sekda Kota Bima DR H Syamsuddin menyampaikan selamat kepada PPK dan PPS yang dilantik. 
    “Semoga anggota PPK dan PPS ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi netralitas dan independen,” harapnya.
    DR Syamsuddin mengingatkan, pengalaman penyelenggaraan Pilkada selama ini, ada tiga hal yang dihadapi. Tiga hal itu yakni gugatan isu money politik, isu keterlibatan ASN dalam politik praktis dan tuduhan yang dialamatkan kepada penyelenggara pilkada yang tidak independen.
    “Ini yang harus dijaga oleh kita semua. Karena itu netralitas dan  indepensi harus kita kawal dan tanamkan dalam diri setiap penyelenggara pemilu,” pinta Plt Sekda Kota Bima.
    Dirinya mengajak seluruh masyarakat, peserta pemilu dan penyelenggara pemilu untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
    “Mari bersama kita kerja keras, kerja cerdas dan kerja independen juga menjaga integritas. Mari kita kawal proses demokrasi ini agar berlangsung aman, damai, bermartabat dan membanggakan,” ajaknya.
    Pantauan wartawan, usai dilantik anggota PPK dan PPS foto bersama dengan Ketua KPU Provinsi NTB, Plt Sekda Kota Bima dan Komisioner KPU Kota Bima. (ZR.02)