• Panwaslu Mpunda Bimtek Pengawas TPS

    Anggota Panwaslu Kota Bima Muhaimin SPdI dan Idhar SSos, bersama Anggota Panwaslu Kecamatan Mpunda saat kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas TPS di aula kantor Camat Mpunda, Selasa (12/6/2018)
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Mpunda melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kecamatan Mpunda, Selasa (12/6/2018) di aula kantor camat Mpunda Kota Bima.
    Kegiatan tersebut turut dihadiri Komisioner Panwaslu Kota Bima Muhaimin SPdI dan Idhar SSos, Komisioner Panwaslu Kecamatan Mpunda Asrul Sani SE, Samanhudi Testingu Larangga SH dan Ilham SH, Koordinator bersama Staf Sekretariat Mpunda, Pengawas Pemilu Lapangan dan diikuti 52 pengawas TPS se Kecamatan Mpunda Kota Bima.
    Ketua Panwaslu Kecamatan Mpunda Asrul Sani SE dalam sambutannya mengatakan, bimbingan teknis bagi PTPS merupakan kegiatan yang sangat penting. Karena akan memberikan pemahaman bagi Pengawas TPS terhadap tugas dan kewenangannya saat melakukan pengawasan pada proses pemungutan dan penghitungan suara. Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Bima Tahun 2018.
    "Pengawas di semua jenjang harus memiliki pemahaman yang sama sehingga tidak terjadi perbedaan persepsi dalam melakukan pengawasan pungut hitung suara nantinya," jelasnya.
    Asrul berharap, Pengawas TPS harus mampu memahami setiap tugas dan kewenangannya sehingga proses pungut hitung suara pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang dapat berjalan dengan baik. 
    Sementara Anggota Panwaslu Kota Bima Muhaimin SPdI dalam pengarahannya, mengatakan bahwa Pengawas TPS sebagai ujung tombak bagi pengawas dalam pemilihan serentak tahun 2018.
    Pengawas TPS harus membangun koordinasi dan sinergiatas dengan penyelenggara teknis pada tingkat kelurahan terutama PPS juga KPPS di masing-masing TPS.
    Selain itu juga harus membekali diri dengan memahami aturan dan regulasi sebagai landasan berpijak. 
    "PTPS harus lebih tahu dari KPPS karena PTPS akan mengawasi juga kerja mereka saat pungut hitung suara nanti," ujar Muhaimin.
    Dihadapan peserta Bimtek, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kota Bima, meminta agar PTPS bekerja dengan baik dan menjaga independensi juga integritas. 
    "Meski apa yang diberikan negara ini tidak seberapa tetapi jadikan ini sebagai bentuk pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara," pintanya.
    Anggota Panwaslu Kecamatan Mpunda foto bersama Pengawas TPS dan PPL
    Dalam kegiatan Bimtek yang diikuti seluruh Pengawas TPS tersebut, masing-masing Komisioner Panwaslu Kecamatan Mpunda memberikan materi bimbingan teknis terkait pengawasan pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Bima Tahun 2018. (ZR.03)