• Babuju Mandiri Dorong Pengembangan Sentra Udang Vaname di Rupe

    Inilah tambak udang Varame pendampingan Babuju Mandiri di Desa Rupe Langgudu Kabupaten Bima.
    Bima, Zona Rakyat.-Babuju Mandiri kembali melakukan program pendampingan. Kali ini, mendorong Kelompok Pemuda Kreatif Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima untuk melakukan Budidaya Udang Vaname Grade A dan B.
    Pimpinan Babuju Mandiri, Julhaidin SE atau dikenal dengan Rangga Babuju mengatakan, udang Varame hanya dibudidayakan di tambak selama 2 bulan dan atau 4 kali panen sekali tebar dalam setahun. 
    Udang vaname kata Rangga adalah salah satu henis udang ekspor. Udang ini umumnya dikonsumsi oleh masyarakat menengah keatas dan menjadi menu wajib makan malam di perhotelan, baik di Lombok maupun di Bali. 
    "Fluktuasi nilai Dollar terhadap Rupiah sangat mempengaruhi harga udang ini," jelasnya kepada Zona Rakyat, Selasa (24/7/2018).
    Dengan usaha tersebut, keuntungan bersih yang diperoleh per-tambak dengan jumlah standar 40.000 ekor, berkisar pada angka Rp 10 Juta per 2 bulan dan atau Rp 40 Juta per tahun.
    "Usaha ini sudah berlangsung selama 1 tahun berjalan, dan tidak banyak yang menjemput peluang ini. Bibit unggul udang kita datangkan dari Kabupaten Sumbawa," jelasnya.
    Ditambahkan Rangga, saat ini telah ditebar 250.000 bibit udang Vaname di 5 tambak Kelompok Muda Budidaya Udang Vaname di Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.
    "Ini sebagai salah satu langkah untuk membangun masyarakat dari peluang dan potensi sekitarnya," pungkas Ketua Komunitas Babuju. (ZR.02)