• Panwaslu KLU NTB Raih Bawaslu Award


    Anggota Panwaslu yang kini telah menjadi Bawaslu Kabupaten Lombok Utara (KLU) saat menerima Bawaslu Award dari Bawaslu RI, Rabu (15/8/2018) di Jakarta.

    Jakarta, Zona Rakyat.-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lombok Utara (KLU) Provinsi NTB meraih penghargaan Bawaslu Award tahun 2018, kategori Sosialisasi dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif.
    Penghargaan tersebut diraih setelah mampu menyisihkan dua nominator lainnya yakni Panwaslu Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau dan Panwaslu Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung. Dalam acara Bawaslu Award yang digelar Bawaslu RI di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu malam (15/8/2018).
    Kategori Sosialisasi dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif tersebut menjadi satu-satunya penghargaan yang diraih perwakilan Bawaslu Provinsi NTB. Sedangkan Bawaslu Provinsi yang meraih penghargaan kategori ini adalah Bawaslu Provinsi Jawa Timur.
    Untuk kategori Pengawasan Tahapan diraih Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, sedangkan bagi Panwaslu Kabupaten/ Kota diraih oleh Panwaslu Kota Mataram Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara Pengawas Pemilu Lapangan terbaik diraih PPL Air Duren Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Beligung.
    Pada kategori penanganan pelanggaran terbaik diraih Bawaslu Provinsi Maluku Utara dan untuk Panwaslu diraih Panwaslu Kabupaten Karang Anyar Jawa Tengah. Untuk kategori Sentra Gakumdu Terbaik diraih Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan sedangkan Panwaslu diraih Panwaslu Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.
    Kategori penyelesaian sengketa terbaik diraih Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dan bagi Panwaslu diraih Panwas Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan penghargaan pemberi keterangan terbaik di MK diterima Bawaslu Maluku dan Panwaslu Kota Bau Bau Sulawesi Tenggara untuk tingkat Kabupaten/Kota.
    Foto bersama para penerima Bawaslu Award 2018 di Jakarta

    Ketua Bawaslu RI Abham mengatakan, penghargaan Bawaslu Award adalah upaya untuk memberikan penghargaan bagi 121 daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 lalu yang secara umum telah berlangsung sukses.
    Penilaian ini katanya, penilaian yang mengantarkan kinerja pengawasan hingga meraih yang penghargaan. Bawaslu Award kali ini merupakan yang keempat kali di setiap tingkatan, mulai dari Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota hingga Pemgawas Pemilu Lapangan (PPL). 
    "Ada beberapa indikator penilaian. Indikator hasil pemgawasan, laporan, wawancara dan metode pengukuran lainnya dengan ukuran tertentu," ujarnya.
    Hal ini kata dia untuk mengetahui proses, kinerja di jajaran pengawasan secara konsisten dalam pengawasan Pilkada. 
    "Kegiatan ini dilakukan Bawaslu untuk mendorong para stakeholder dalam melakukan pengawasan pargisipasi. Bawaslu Award juga sebagai bentuk spirit bagi Bawaslu dan jajarannya agar tetap netral, jujur dan adil dalam menjaga marwah lembaga sehingga proses demokrasi berlangsung aman dan damai," harap Abham.
    Pantauan Zona Rakyat, penghargaan Bawaslu Award  masing-masing diserahkan pimpinan Bawaslu RI kepada Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi juga Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota.
    Penghargaan bagi Bawaslu Kabupaten Lombok Utara (KLU) NTB diterima langsung seluruh anggotanya Adi Purwanto, Muhidin dan Deni Hartawan. (ZR.02)