• Bawaslu Kota Bima Ikuti Bimtek Penguatan Kapasitas

    Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bima Muhaimin (kedua dari kiri), Idhar (kiri), Asrul Sani (kedua dari kanan), dan Koordinator Sekretariat Subhan ST (kanan), saat kegiatan Bimtek di Aruna Hotel Senggigi, Selasa (18/9/2018).

    Lombok Barat, Zona Rakyat.-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas. Bersama seluruh Bawaslu Kabupaten kota se Nusa Tenggara Barat di Hotel Aruna Senggigi Lombok Barat, Senin hingga Rabu, (17-19/9/2018). 
    Kegiatan Bimtek tersebut dibuka Pimpinan Bawaslu NTB Itratif ST MT dan dihadiri Pimpinan Bawaslu NTB Suhardi SIP MH dan Dr Hj Yuyun Nurul Azmi SPt MH dan Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi NTB Lalu Rizizvan Arista.
    Dalam sambutannya Itratif ST MT mengatakan, usai melaksanakan rapat kerja teknis (Rakernis) di Sumbawa, Bawaslu kabupaten kota se NTB mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas.
    Kegiatan ini kata Itratif sebagai pengenalan atau orientasi seluruh sumber daya manusia yang ada di jajaran pengawasan tingkat labupaten kota. 
    "Ini kegiatan perdana bagi SDM paska perubahan status dari Panwaslu menjadi Bawaslu Kabupaten kota yang dilantik 15 Agustus 2018 lalu di Jakarta," katanya.
    Menurut Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, penguatan kapasitas anggota Bawaslu Kabupaten Kota Se NTB dalam upaya memberikan informasi, pelatihan dan pemahaman terhadap tugas, kewajiban dan wewenang dalam melasanakan tugas pengawasan.
    "Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya dimana hanya fokus di dalam ruangan namun kali ini diawali dengan kegiatan olah raga di luar ruangan," katanya
    Kegiatan bimtek juga kata pria yang kerap tampil mengenakan batik ini, sebagai klausul wajib bagi Bawaslu Kabupaten Kota untuk penguatan kapasitasnya. 
    "NTB ini masuk sebagai daerah tahap kedua untuk kegiatan ini. Sehingga harus dilakukan secepatnya karena ada 8 modul yang harus dibahas dalam bimtek ini. Setiap modul dimulai dari pree test dan diakhiri dengan post test. Bahkan pada ujung kegiatan akan ada penganugerahan peserta terbaik," jelas Itratif.
    Dirinya berharap para peserta mengikuti kegiatan Bimtek dengan baik sehingga mampu menyerap ilmu, informasi dan  pengetahuan yang diberikan para narasumber dalam hal ini pimpinan Bawaslu Provinsi NTB. 
    Sementara Muhaimin SPdI mengaku mendapat suntikan dan  energi baru dari para pimpinan Bawaslu NTB. 
    "Ini menjadi modal bagi Bawaslu kabupaten kota dalam melaksanakan tugas dan wewenang kita sebagai bagian dari penyelenggara pemilu," ungkap Muhaimin didampingi Idhar.
    Hal yang sama juga diungkapkan Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani. Dirinya mengaku bahwa kegiatan bimbingan teknik selama 3 hari yang diikuti anggota Bawaslu kabupaten kota se-NTB memberi warna tersendiri. Karena selain materi yang diberikan, juga rasa kebersamaan dan kekeluargaan  terbangun dengan baik.
    "Meski kita berasal dari 10 kabupaten kota di NTB ini tapi kita menyatu dalam ikatan keluarga Bawaslu," ujar Kordiv SDM Organisasi Data dan Informasi Bawaslu Kota Bima.
    Sejumlah materi yang terbagi dalam 8 modul, masing-masing disampaikan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi NTB. Termasuk Kepala Sekretariat Bawaslu NTB Lalu Rizizvan Arista AP, juga memberikan materi di penghujung kegiatan bimbingan teknis, terkait tata kelola layanan informasi dan komunikasi serta kerjasama antar lembaga.
    Kegiatan tersebut akhirnya ditutup Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi NTB Itratif ST MT. (ZR.04)