• Insan Kamil Kota Bima Gelar Education Festival

    Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP menyerahkan piagam pemghargaan kepada Dinas Dikbud Kota dan Kabupaten Bima dan Museum Asi Mbojo saat IKAL EDUFEST, Jumat (21/9/2018).
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Menyambut Tahun baru 1440 Hijriah, SDIT Insan Kamil Kota Bima menggelar Education Festival (IKAL EDUFEST). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai Jumat hingga Sabtu (21-22/9/2018) yang dipusatkan di Museum ASI Mbojo Kota Bima.
    Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP mengatakan, IKAL EDUFEST diselenggarakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Hijriah 1440 H. 
    SDIT Insan Kamil kata Erni menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima meluncurkan program baru di tahun 2018 yang dikemas menjadi Insan Kamil Education Festival (IKAL EDUFEST) I.
    "IKAL EDUFEST ini sebagai manivestasi dari momen bersejarah Rasulullah SAW berhijrah ke Kota Madinah. Ini adalah titik tolak perjuangan beliau dan para sahabatnya menuju kejayaan peradaban Islam," katanya.
    Dijelaskan Erni, event yang digelas tersebut adalah salah satu persembahan Insan Kamil sebagai salah satu kontributor dunia pendidikan di Kota Bima.
    IKAL EDUFEST menurut dia, akan menjadi event rutin tahunan SDIT Insan Kamil. "Akan ada piala bergilir untuk memberikan penghargaan atas keterlibatan sekolah yang mencapai hasil terbaik," ujarnya.
    Menurut Kepala Sekolah
    IKAL EDUFEST diikuti oleh siswa-siswi SD/MI se Kota Bima, Kabupatrn Bima dan Dompu untuk kelas 4, 5 dan 6 dengan berbagai mata lomba. Menjadi gambaran pembelajaran yang dilakukan di SDIT Insan Kamil.
    "Lomba yang digelar yakni Lomba Olimpiade MIPA, Nasyid, Pidato Bahasa Arab, Storry Telling dan Patu Mbojo (Pantun bahasa Bima). Ada juga lomba HandyCraft yaitu Fashion Show pakaian dari olahan sampah dan lomba Mading dengan tema Budaya dan Wisata Daerah Bima," beber Erni.
    Selain itu kata wanita berhijab ini juga digelar Seminar Parenting, spesial untuk orangtua murid peserta dan guru-guru pembina, dengan tema: "Mewujudkan Generasi Robbani di Era Milenial". Seminar menghadirkan narasumber penggiat Pendidikan di Kota dan Kabupaten Bima Khairul Juhdi, S.Pd (Duta Rumah Belajar Kemendikbud) dan M Syukrillah MA (Kepala SMPIT Insan Kamil Boarding School Kota Bima).
    Pantauan Zona Rakyat, dalam IKAL EDUFEST di ASI Mbojo dibuka stand-stand yang berisi berbagai permainan edukasi yang akan menghibur peserta dan penonton umum disela-sela acara lomba.
    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, H Alwi Yasin MAP saat membuka IKAL EDUFEST mengatakan bangga dengan program yang digagas Insan Kamil. 
    Kegiatan ini kata Alwi harus terus dilakukan sebagai bagian dalam memberikan pelajaran dan melatih mental peserta didik.
    "Pendidikan merupakan kewajiban kita semua tidak saja guru tetapi juga orangtua dan pemerintah. Saya bangga melihat orangtua-orangtua hebat yang menjadi bagian dari proses edukasi bagi generasi khususnya di Kota Bima ini," ungkapnya.
    Hal senada juga diungkapkan Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kabupaten Bima yang juga hadir dan memberi sambutan dalam IKAL EDUFEST.

    Dirinya merasa terharu melihat penampilan anak-anak dalam suguhan pra acara yang cukup meyakinkan bahwa mereka kelak akan menjadi generasi Rabbani di era milenial sebagaimana tema yang diusung dalam kegiatan perdana oleh SDIT Insan Kamil.
    "Melihat keinginan Insan Kamil menggelar acara ini, kami langsung merespon dengan menyampaikan kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Bima. Saya sangat salut dengan kegiatan ini, semoga ini akan tetap berkelanjutan," harapnya.

    Siswa siswi SDIT Insan Kamil saat tampil dalam IKAL EDUFEST di Museum Asi Mbojo.

    IKAL EDUFEST di ASI Mbojo turut dihadiri, Kepala Museum ASI Mbojo, Kepala SD/MI, guru pembina, orangtua siswa dan masyarakat umum. 
    Kepala SDIT Insan Kamil menyerahkan piagam penghargaan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota dan Kabupaten Bima juga Museum Asi Mbojo yang telah mendukung kegiatan IKAL EDUFEST. (ZR.03)