• Bawaslu NTB Gelar Rakernis Penyelesaian Sengketa

    Anggota Bawaslu Kabupaten Kota melaksanakan simulasi penyelesaian sengketa proses pemilu saat Rakernis di Hotel Parahyangan Sumbawa, Sabtu (16/9/2018).

    Sumbawa, Zona Rakyat.-Meningkatkan kapasitas jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi NTB menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Kegiatan tersebut dipusatkan di Hotel Parahyangan Kabupaten Sumbawa NTB Jumat dan Sabtu (14-15/9/2018).
    Rapat Kerja Teknis penyelesaian sengketa proses pemilihan umum Anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dibuka Pimpinan Bawaslu NTB Dr Hj Yuyun Nurul Azmi, SPt, MP.
    Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Bawaslu NTB Itratif ST MT, Suhardi SIP MH, Umar Ahmad Seth SH MH, Pimpinan DPRD Sumbawa, Kepala Badan Kesbangpol, FKPD, pimpinan Partai Politik, Media Massa juga Pimpinan Bawaslu dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kota se NTB.
    Pimpinan Bawaslu NTB Dr Hj Yuyun Nurul Azmi SPt MP dalam sambutannya mengatakan, kegitan Rakernis ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman anggota Bawaslu Kabupaten/Kota terkait sengketa proses Pemilu 2019.
    "Ini dilakukan untuk peningkatan keterampilan personil Bawaslu se NTB sebagai antisipasi jika terjadi sengketa proses pemilu," katanya.
    Personil Bawaslu kata Yuyun harus terampil, teliti dan cermat sehingga masalah sengketa dapat diselesaikan dengan baik. Sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundangan undangan yang berlaku.
    Sementara Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Badan Kesbangpol mengatakan, kegiatan Rakernis sebagai bagian dari peningkatan kualitas penyelenggara khususnya Bawaslu. Dengan peningkatan kapasitas penyelenggara, dibarengi dengan peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019.
    "Pemilu ini adalah sarana dan prasarana bagi tercapainya kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan Bangsa dan Negara," kata Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah melalui Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sumbawa.
    Pemerintah Kabupaten Sumbawa kata dia, akan terus mendukung langkah-langkah dan agenda Bawaslu dalam mengawal proses demokrasi Pemilu 2019.
    "Ini semua dengan harapan agar berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan," harapnya.
    Kegiatan Rakernis tersebut dirangkai dengan pernyataan sikap bersama Pemerintah, FKPD, Bawaslu NTB, Bawaslu Kabupaten Sumbawa dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita dan pemuda Kabupaten Sumbawa. (ZR.04)