• Sudah Siap Menjadi Anggota DPRD?

    Munir Husen
    (Penulis adalah Dosen STIH Muhammadiyah Bima)

    Setelah penetapan KPUD calon anggota DPRD, maka serentak semua calon anggota DPRD yang tergabung pada Partai politik akan bergerak satu komando oleh Ketua Parpol dalam rangka untuk melakukan sosialisasi diri dan pendekatan kepada masyarakat yang akan memilihnya. Cara ini adalah lumrah, karena memang pendekatan kepada masyarakat adalah mutlak dilakukan, kalau tidak, maka anda mestinya tidak cocok untuk menduduki kursi empuk dewan.
    Jadi sesungguhnya peran masyakatlah sehingga anda menjadi salah satu anggota dewan yang terhormat. Maka perlu anda mengevaluasi diri anda jangan sampai anda adalah salah seorang calon anggota yang terpilih tapi Mati Rasa, semoga calon anggota dewan jangan menjadikan masyarakat sebagai orang yang kurang dihargai dimata anda, amatlah keliru anda memiliki sifat Mati Rasa. Bersama rakyat akan menang karena memang dalam dunia demokrasi itu, rakyatlah yang menentukan apakah calon akan dipilih atau tidak. Sebab prinsip demokrasi menurut Abraham Lincoln “Demokrsi adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, dan inilah rumusnya.
    Kalau rumus ini anda tidak gunakan, maka anda akan melakukan pendekatan dengan cara politik Machiavelissme apapun anda lakukan yang penting tercapai. Sangat naif hal ini kalau dilakukan oleh anak bangsa yang beragama. Sebab pasti agama akan mengharamkan segala cara. Yang menjadi pertanyaan, anda saat ini pada posisi yang mana sebagai calon anggota legislatif.
    Penulis tidak mengharapkan jawaban dari anda semua tapi satu hal yang anda bisa lakukan renungkan cara-cara berdemokrasi anda sudahkah sesuai atau tidak? hanya andalah yang bisa jawab.
    Selamat berjuang semoga terplih menjadi anggota dewan yang terhormat pilihan rakyat, salam perjuangan...Merdeka. (*)