• Insan Kamil Gelar Kemah Sukses UN

    Kepala SDIT Insan Kamil Kota Bima Erni Juhaenah SP saat melepas peserta Kemah Sukses UN, Jumat (12/10/2018) di sekolah setempat.
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Menghadapi ujian akhir dan ujian nasional, SDIT Insan Kamil Kota Bima menggelar Kemah Sukses Ujian Nasional (UN). Kegiatan yang diikuti siswa dan siswi Kelas 6 tersebut dipusatkan di halaman SMPIT Insan Kamil Matakando Kota Bima, Jumat (12/10/2018).
    Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP mengatakan, kegiatan kemah sukses ujian akhir sebagai upaya untuk menyadarkan para siswa agar melaksanakan ujian nasional dan ujian akhir dengan sungguh-sungguh. 
    "Kita ingin mengajak anak-anak untuk selalu fokus dan mengingatkan bahwa meraih cita-cita itu ada penyebabnya. Ada hal yang mendukung dan ada juga yang merusak dalam mencapai tujuan," ingat Erni saat melepas peserta Kemah Sukses UN di halaman SDIT Insan Kamil.
    Menurutnya, hal-hal yang mendukung itu yakni keridhoan Allah, orang tua, guru serta usaha belajar dengan sungguh-sungguh. 
    Keridhoan Allah kata Erni, tentu dengan sholat atau ibadah lainnya harus sesuai dengan tuntunan. Sedangkan keridhoan orangtua itu dari segi akhlaknya. Karena mereka ini adalah kelas 6 yang merupakan akhir dari pembelajaran di SDIT Insan Kamil.
    "Anak-anak dari sisi ibadahnya sudah bagus, usaha pun juga sudah baik tinggal pada saat ujian akhir nanti benar-benar menyerahkan kepada Allah hasilnya," terangnya.
    Dijelaskan Kepala Sekolah, kegiatan tersebut juga untuk melatih siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional agar sungguh sungguh mempersiapkan diri untuk meraih apa yang diinginkan. Mereka tidak untuk main-main atau bersantai tetapi semua diukur sesuai dengan waktunya baik sholat 5 waktu maupun Sholat Sunnah seperti Tahajud dan Dhuha.
    "Gamesnya pun kita latih mereka untuk mandiri dan kreatif juga melatih kerjasama sehingga suasana belajar di dalam kelas ditentukan dari kenyamanan mereka bergaul dengan teman-temannya," jelasnya.
    Harapan sekolah dan orangtua, agar ujian akhir yang dihadapi para siswa mendapat hasil yang jujur dari anak-anak sendiri, melalui bantuan dan dukungan kita sebelum mereka memghadapi ujian dan bukan pada saat ujian.
    "Kita memang ingin berprestasi tetapi harus dengan penuh kejujuran," pungkas Erni Juhaenah.
    Para peserta kemah sukses UN dilepas Kepala SDIT Insan Kamil di halaman sekolah menuju lokasi perkemahan di halaman SMPIT Insan Kamil di Matakando Kecamatan Mpunda Kota Bima, dengan berjalan kaki sesuai kelompok masing-masing dan didampingi ustadz dan ustadjah.(ZR.04)