• Breaking News

    Manggemaci Dicanangkan Jadi Kampung KB

    Staf Ahli Walikota Bima Ir Darwis dan Ketua Penggerak PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfie saat pencanangan Kampung KB di Kelurahan Manggemaci, Senin (15/10/2018).
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda resmi dicanangkan sebagai salah satu Kampung KB di Kota Bima. Kelurahan Manggemaci merupakan salah satu dari 11 Kelurahan yang tersebar di 4 Kecamatan yang dicanangkan sebagai kampung KB di Kota Bima pada tahun 2018. 
    Pencanangan tersebut dilakukan Walikota Bima melalui Staf Ahli Ir Darwis H Yusuf di halaman kantor Lurah Manggemaci, Senin (15/10/2018).
    Kegiatan tersebut diawali dengan pengukuhan Ketua dan Pengurus Kampung KB oleh Ketua Penggerak PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi. 
    Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufik H A Karim, Anggota FKPD Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan, Ketua Iswara Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah, anggota TP PKK Kelurahan, tokoh masyarakat tokoh agama, pemuda  dan masyarakat sekitar.
    Lurah Manggemaci Yusuf Ismail  dalam sambutannya menjelaskan bahwa kondisi wilayah Kelurahan Manggemaci khususnya RW 02 yang dipilih menjadi salah satu Kampung KB dengan nama “Kampung KB Wadu Ntada Rahi”.
    "Alhamdulillah nama Kampung KB di Kelurahan Manggemaci ini Kampung KB Wadu Ntanda Rahi," katanya
    Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima Drs Suriadi MPd, mengatakan, pencanangan Kampung KB di Kelurahan Manggemaci merupakan lokasi kedua. Setelah pada tanggal 11 Oktober 2018 lalu dicanangkan di Kelurahan Sambinae. 
    "Masih ada 9 kelurahan akan dicanangkan sebagai Kampung KB dan tersebar di 4 kecamatan yaitu Mpunda, Rasanae Barat, Raba dan Asakota," jelas Suriadi.
    Pantauan Zona Rakyat, sejumlah OPD juga berpartisipasi dalam pencanangan Kampung KB dan memiliki program yang terintegrasi dengan program KKBPK sehingga dapat memberikan pelayanan di tempat pencanangan Kampung KB. Salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bima yang menyiapkan pelayanan pencetakan KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di setiap Kelurahan yang akan dicanangkan.
    Walikota Bima melalui Staf Ahli Walikota Ir Darwis H Yusuf menjelaskan, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. 
    Diharapkan Darwis, giat kampung KB ini tidak terhenti setelah dicanangkan namun dapat bergema dan berkelanjutan secara nyata di masyarakat.
    “Kesuksesan program ini tergantung sungguh pada kerjasama berbagai elemen yang terlibat mulai dari pemerintah, lembaga non pemerintah maupun swasta,” katanya.
    Sedangkan Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfo dalam arahannya menyampaikan bahwa 10 program PKK sangat erat kaitannya dengan program kesehatan dan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).
    “Saya harap kader-kader PKK agar jangan sampai ketinggalan informasi dengan program-program in," ujarnya.
    Selain itu dirinya juga berharap, PKK dan BKKBN dapat bersinergi pada pelaksanaan program sehingga memiliki daya bangkit bagi peningkatan kesejahteraan keluarga di lokasi Kampung KB.
    Pada akhir acara, secara simbolis diserahkan bantuan berupa Al-Quran, Iqro, KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga oleh Staf Ahli Walikota didampingi Ketua TP PKK Kota Bima dan Kepala Dinas Dukcapil.
    Acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pelayanan kesehatan di Polindes Manggemaci oleh Ketua TP PKK Kota Bima didampingi Ketua GOW Kota Bima. (ZR.04)