• Kapolres Bima Kota Resmikan Peternakan Modern Binaan Korps Brimob di Sape

    Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah SIK MH bersama IPDA Afrah H Muhtar saat meresmikan Guest House dan Pembangunan Infrastruktur Kelompok Peternakan BMC/BCM di Desa Buncu Sape Utara Bima, Sabtu (3/10).
    Bima, Zona Rakyat.-Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah SIK MH meresmikan Ghuest House dan pembangunan infrastruktur peternakan modern BMC dan BCM binaan Korps Brimob Polri di Desa Buncu Sape Utara Kabupaten Bima.
    Peresmian yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kapolres Bima Kota tersebut berlangsung di sela-sela acara Tatap Muka Kapolres Bima Kota dengan sejumlah tokoh se-Kecamatan Sape Bagian Utara, Sabtu (3/11) lalu.
    Ketua Kelompok Tani Bima Mutiara Cenderawasih (BMC) H Muhtar mengatakan, peresmian tersebut merupakan momentum yang telah lama dinanti-nantikan. Kehadiran Kapolres Bima Kota menjadi sangat penting artinya bagi keluarga besar di Sape Utara.
    "Sejarah lahirnya kelompok ternak modern ini adalah buah pikiran cemerlang dari seorang Anggota Korps Brimob Polri yang bertugas di Sat Brimob Polda Papua. Dia adalah Ipda Afrah, seorang yang peduli akan kemajuan daerahnya terutama di desa kelahirannya Buncu Kecamatan Sape, Kabupten Bima Nusa Tenggara Barat," ungkap H Muhtar yang juga orang tua Ipda Afrah.
    Dijelaskannya, peresmian pembangunan peternakan modern BMC dan BCM Buncu Sape tersebut merupakan momentum bersejarah bagi keluarga.
    "Ini bentuk perhatian nyata dari Pimpinan Polri khususnya Kapolres Bima Kota terhadap kemajuan peternakan di Kabupaten dan kota Bima," katanya.
    Kehadiran Kapolres, memberikan semangat baru kepada anggota kelompok yang tetap fokus pada pengelolaan peternakan sapi baik penggemukan maupun dengan Inseminasi Buatan (IB). Kelompok peternakan ini pun telah berdiri selama 3 tahun dan telah dikunjungi oleh beberapa pejabat seperti Kepala Dinas Peternakan, Bapedda Kabupaten Bima, Pimpinan Asuransi Jasindo, Pemimpim BRI Kanca Bima, Pimpinan Bank NTB Unit Sape, Camat Sape dan beberapa pejabat lainnya. Kehadiran para pejabat tersebut tentu memberikan semangat kepada anggota kelompok. 
    Pihaknya pun berharap, Pimpinan Kepolisian khususnya di daerah Bima selalu dekat dengan masyarakat dan tetap memberi jaminan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya berjalan lancar dan perputaran roda perekonomian juga menjadi lebih baik dan maju.
    Dalam kunjungannya ke Sape Utara, Kapolres Bima Kota didampingi Kasat Bimmas dan beberapa pejabat dari Polres Bima Kota lainnya.
    "Kehadiran pak Kapolres Bima Kota yang baru ini sangat dirindukan oleh masyarakat Sape Utara. Karena pertemuan seperti ini jarang terjadi," terang H Muhtar dihadapan sejumlah tokoh yang menghadiri tatap muka tersebut.
    Para tokoh yang hadir merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada Kapolres Bima Kota, meski dalam jarak yang ditempuh cukup jauh ditengah cuaca yang sangat panas. 
    "Kita harap kedepan bisa terlaksana kembali pertemuan seperti ini sehingga Polri sebagai mitra masyarakat dapat terus terjalin dengan baik," pinta H Muhtar.
    Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah SIK MH bersama IPDA Afrah dan H Muhtar yang juga orang tua IPDA Afrah saat di Buncu Sape Utara Kabupaten Bima.
    Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah SIK MH menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada masyarakat Sape Utara karena telah menyanbut dirinya seperti keluarga sendiri. Semua itu adalah karena semangat kebersamaan dalam menjalin silaturahim dengan keluarga besar di Sape.
    Dirinya juga merasa bangga dan harus mengangkat topi kepada salah seorang anggotanya yang tergabung bersama Sat Brimob Papua seorang IPDA Afrah putra asli Buncu Sape, telah menggerakkan semangat masyarakat khususnya para peternak untuk membangun infrastruktur peternakan modern seperti yang kita resmikan bersama.
    "Ini adalah hal yang sangat luar biasa dilakukan oleh seorang pemuda yang memiliki profesi sebagai seorang aparat namun jiwa membangunnya sangat luar biasa," ungkap Kapolres memuji.
    Menurutnya, tidak banyak pemuda yang memiliki visi dan misi membangun daerah seperti itu. 
    "Sangat beruntung, Bima memiliki seorang IPDA Afrah yang punya semangat dan kemampuan manajerial serta dedikasi terhadap daerah dan Bangsa Indonesia," ujar Erwin yang baru menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. 
    Menurut Erwin, kehadiran dirinya bertatap muka dengan masyarakat adalah upaya nyata dalam mendekatkan Polri dan masyarakat terutama dalam membina para kelompok peternakan guna mewujudkan program pemerintah swasembada daging.
    Selama tiga tahun kelompok binaan Korps Brimob Polri tersebut hadir di tengah masyarakat untuk mendorong konsep berusaha, manajemen usaha, keberanian usaha,  pemanfaatan sisa pertanian. Selain itu optimalisasi lahan pertanian dan mengajak warga khususnya keluarga agar membangun usaha peternakan.
    "Ini yang dilakukan Polri, begitu juga semangat yang dihadirkan IPDA Afrah agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Adanya aktivitas seperti di BMC dan BCM atau pertumbuhan ekonomi lokal maka tidak ada lagi potensi melanggar hukum," terangnya.
    Kehadiran AKBP Erwin Ardiansyah SIK MH selain tatap muka dengan para tokoh Se Kecamatan Sape Utara, juga pelantikan Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat Kecamatan Sape Utara.
    Dihadiri seluruh Kepala Desa dan Ketua RT 4 desa yakni Desa Kowo, Desa Buncu, Desa Lamere dan Desa Poja Kecamatan Sape Utara. Selain itu hadir juga tokoh pemuda, Karang Taruna dan tokoh agama serta yang di tuakan dari keempat desa tersebut.
    Foto bersama saat acara Tatap Muka dengan sejumlah tokoh se Kecamatan Utara.
    Pada sore harinya dilanjutkan dengan Doa Selamat atas berakhirnya tugas Internasional Satgas Garuda Bhayangkara 2 FPU 10 Indonesia di misi International Unamid PBB di Afrika Utara. Dimana IPDA Afrah H Muhtar putra kelahiran Sape sebagai bagian dari 140 personil yang beberapa waktu lalu meraih medali dalam misi perdamaian PBB.
    Selama 3 tahun berdiri, Kelompok Peternakan BMC dan BCM telah menerima Praktek Kerja Lapangan (PKL) sejumlah mahasiswa peternakan baik dari Bima maupun dari Mataram. Mereka sangat merasakan manfaatnya karena tersedia wadah yang  representatif dalam mengaplikan ilmu yang diperoleh dari kampus. (Adv)