• Breaking News

    Korem 162 Wira Bhakti Gelar Upacara Latihan Pengamanan Pemilu 2019

    Inspektur Upacara saat menyampaikan amanat Korem 162/Wira Bhakti pada upacara pembukaan latihan pengamanan Pemilu 2019 di Stadion Manggrmaci, Rabu (6/2/2019). 
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Komando Resimen (Korem) 162/Wira Bhakti Nusa Tenggara Barat menggelar upacara Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Digelar di Stadion Atletik Manggemaci Kota Bima, Rabu (6/2/2019).
    Upacara tersebut melibatkan pasukan dari Kodim 1628/ KSB, Kodim 1607/Sumbawa Besar, Kodim 1614/Dompu, Kodim 1608/Bima, Batalyon Infantri 742/SWY, Brimob, Anggota Polres Bima Kota dan Satpol PP Kota dan Kabupaten Bima. 
    Hadir dalam upara latihan tersebut Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Perwakilan Polres Bima Kota dan Polres Bima, Sekda Kota Bima, Pimpinan DPRD Kabupaten Bima, Asisten I Kabupaten Bima. Hadir pula Ketua KPU Kota Bima Bukhari SSos, Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani SE, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah SH  beserta anggota, sejumlah Pimpinan OPD Kota dan Kabupaten Bima serta Camat dan Lurah lingkup Pemerintah Kota Bima.
    Bertindak sebagai Inspektur Upacara Letkol Infantri Endarwan Yansori. Upacara Pembukaan latihan ditandai secara simbolis dengan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan anggota TNI.
    Komadan Korem 162/Wira Bhakti Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos.,SH.,M.Han, dalam amanat tertulis yang dibacakan Inspektura upacara menyampaikan, latihan kader pengamanan pemilu digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personil satuan jajaran Korem 162/Wira Bhakti dalam melaksanakan tugas perbantuan TNI kepada Pemda dan Polri  dalam pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 mendatang.
    Menurutnya, sesuai Undang-undang Nomor 34 tahun 2004, tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap Bangsa Indonesia. Salah satu tugas tersebut adalah melaksanakan tugas perbantuan TNI kepada Pemda dan Polri dalam menangani kerusuhan sosial yang terjadi, menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa, dan ancaman lainnya, yang dapat mengganggu pelaksanaan pileg dan pilpres 2019. 
    Upacara kali ini mengusung tema “Korem 162/WB melaksanakan latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden di wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI”. 
    Melalui kegiata tersebut, diharapkan dapat terwujud sinergisitas antara TNI, Polri, dan Pemda serta instansi terkait lainnya.
    “Untuk itu, Korem 162/WB berserta satuan jajaranya dituntut agar senantiasa memiliki kesiapan dan kecepatan bergerak serta profesional, andal, dan mampu melaksanakan tugas perbantuan," harap Letkol Infantri Endarwan Yansori.
    Para peserta upacara pembukaan latihan pengamanan pemilu 2019  di wilayah Korem 162/ Wira Bhakti.
    Pada akhir sambutannya, Endarwan Yansori mengingatkan prajurit jajaran Korem 162/Wira Bhakti untuk senantiasa menegakkan netralitas TNI. Selain itu melaksanakan kegiatan latihan dengan semangat.
    “Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat, disiplin dan tanggung jawab untuk menjadi prajurit profesional dan dicintai rakyat di manapun kalian berada dan bertugas demi kejayaan satuan, bangsa dan negara," pungkasnya. (ZR.03)