• Guru JSIT Daerah Bima Ikuti Diklat PTK

    Bambang Setiawan MPd saat memberikan materi kepada para guru JSIT peserta PTK di aula Pemkot Bima, Sabtu (9/11/2019).
    Kota Bima, Zona Rakyat.-Sebanyak 60 orang guru dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Daerah Bima mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Sabtu (9/11) di Aula Pemkot Bima. 

    Kegiatan yang dimotori SDIT Insan Kamil Kota Bima tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, DR Ir Syamsudin.

    Ketua JSIT Daerah Bima selaku Panitia pelaksana, Erni Juhaenah SP dalam sambutannya mengatakan, pelatihan PTK bagi guru JSIT ini sebagai kado Hari Ulang Tahun Guru yang akan dirayakan dalam waktu dekat. Tujuan utamanya yakni untuk meningkat mutu pendidikan terutama kemampuan guru-guru JSIT.

    Menurutnya, jumlah guru yang tergabung dalam JSIT Daerah Bima sebanyak seratus lebih guru, namun yang berkesempatan hadir hanya sekitar 60 orang. 

    "Sebenarnya jumlah kita banyak sampai 100 lebih guru tapi yang hadir hanya 60 orang. Ini karena jaringan kita masih ada yang sekolah enam hari kerja," ujarnya.

    Kata dia, hasil atau target dari pelatihan ini akan menghasilkan 60 buah PTK terbaik dari guru-guru peserta. 

    "Nanti piagam penghargaan akan dibagi saat pelaksanaan Hari Guru. Ini yang kami maksudkan sebagai kado hari guru. Semoga para peserta bisa menimba ilmu dengan baik untuk peserta didiknya," terang alumni Pertanian Unram ini.

    Kepala SDIT Insan Kamil Erni Juhaenah SP saat memberikan cinderamata kepada Kepala Dinas Dikbud Kota Bima.

    Sementara Kepala Dinas Dikbud Kota Bima, DR Ir H Syamsudin dalam sambutanya mengaku bangga dengan adanya kegiatan yang digagas JSIT Daerah Bima. 

    "Saya bangga dengan pelatihan PTK ini, sebab sudah lama rasanya tidak ada kegiatan seperti ini. Saya kayaknya dicubit oleh Insan Kamil dalam hal ini khusus soal PTK," pujinya.

    Kata dia, sepulang dari acara ini pihaknya berjanji akan menyiapkan kegiatan serupa pada tahun Anggaran 2020 mendatang. 

    "Saya janji akan berbuat sesuatu setelah dari sini untuk guru-guru Kota Bima. Semoga kita senantiasa dilindungi Allah SWT," harapnya.

    Liputan Zona Rakyat, pelatihan PTK dikawal pemateri Bambang Setiawan M.Pd dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Bima dan Yusiran M.Pd. Setelah acara pembukaan panitia menyerahkan cinderamata kepada Kepala Dinas Dikbud danPemateri. (ZR.03)