• Stadium General, STIH Muhammadiyah Bima Undang Ketua MK RI.


    Penyampaian Materi Oleh Ketua MKRI Dr.  Anwar Usman.  SH., MH di depan Seluruh Tamu Undangan.  Minggu,  29/12/2019
    Bima, ( Zona Rakyat).- Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima Gelar Stadium General Di Audoterium STIH Muhammadiyah Bima,  Minggu,  (29/12/2019)

    Kegiatan Stadium General STIH muhammadiyah Bima yang Menghadirkan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Dr. Anwar Usman, SH., MH ini dengan mengangkat Tema "Kedudukan Mahkamah Konstituti RI Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia" yang berpusat di aula STIH muhammadiyah Bima. 

    Dalam penyampaiannya Ketua MKRI Dr.  Anwar Usman, SH., MH menyampaikan Negara indonesia ini adalah negara demokrasi yang berdasarkan hukum,  dan negara indonesia adalah negara hukum yang berdasarkan demokrasi. Disamping itu ketika bicara kewenangan MKRI maka MK bekerja sesuai dengan UUD 1945.

    "Kewenangan MK RI adalah Menguji UU terhadap UU, Memutus sengketa antar lembaga Negara, Membubarkan partai politik dan Menyelesaikan sengketa pilkada dan pemilihan umum". Katanya

    Lebih lanjut Ketua MKRI menyampaikan bahwa MK sendiri disamping bicara kewenangan ada juga kewajiban, karna MK sendiri lahir setelah pasal 24 UUD 1945 setelah amandemen. Menurutnya dalam pasal 24 UUD 1945 sangat luar biasa dengan penambahan nilai-nilai keadilan dalam poinpasa tersebut,  disamping itu menurutnya dalam al'quran sendiri bahwa bicara nilai keadilan sangat jelas dan tegas di katakan oleh Allah SWT dalam al'quran. Tembahnya

    Lanjutnya, disamping bicara Dalam konteks kewenangan,  MK RI ketika melakukan pekerjaannya dia diawasi oleh lembaga kode Etik,  "Dalam Hal pengawasan diinternal MKRI diawasi oleh dewan etik,  dewan etik sendiri dibentuk oleh MK sendiri, dan untuk diketahui kata ketua MK bahwa diindonesia sendiri bahwa jabatan Hakim MK adalah jabatan yang paling sulit. Dengan demikian maka tugas,  kewenangan dan kewajiban Mahkamah Konstitusi sangatlah berat.  Imbuhnya. 

    Dr. Anwar Usman dalam akhir penyampainnyanya berpesan kepada anak STIH Muhammadiyah Bima "Bahwa Mahasiswa Atau pemuda/i di STIH Muhammadiyah Bima harus bersyukur kuliah di STIH Muh Bima dan atau kuliah dimuhammadiyah, karna muhammaditah ini adalah ditempa dengan nilai nilai kesislaman dan kemuhammadiyahaan apalagi ada fakultas hukumnya. Dengan kondisi yang demikian kita harus jatuh cinta terhadap ilmu ketatanegaraan. Ucapnya

    Dalam kegiatan Stadium General Tersebut ikut Hadir Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Dan Kabupaten Bima,  BPH Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bima, Pimpinan-Pimpinan Ortom Muhammadiyah,  Kapolres Bima Kota,  Bawaslu Kota Dan Kabupaten Bima,  KPU Kota Dan Kabupaten Bima,  DPRR Kab.  Bima. Dan tamu undangan lainnya yang ikut dalam memeriahkan kegiatan Tersebut. (ZR. 04)