• Breaking News

    KPU Bima Mulai Siapkan Tahapan Pilkada 2020

    Imran SH, Ketua KPU Kabupaten Bima
    Bima, (Zona Rakyat).-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima mulai menyiapkan kembali tahapan Pilkada serentak 2020, yang sebelumnya ditunda karena pandemik covid 19. 
    Hal tersebut menyusul hasil rapat dengar pendapat (RDP) KPU RI bersama Komisi 2 DPR RI, Bawaslu dan Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu. Hasil RDP memutuskan Pilkada serentak tetap digelar tahun 2020 dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Demikian dikatakan Ketua KPU Kabupaten Bima Imran SH kepada Zona Rakyat, Minggu (7/6/2020) di Kantor KPU Kabupaten Bima.

    Dijelaskannya, mendukung dilanjutkan kembali tahapan pemilihan ini, KPU Kabupaten Bima mulai disibukkan dengan persiapan kebutuhan tahapan. Menunggu Peraturan KPU (PKPU) perubahan tahapan, program dan jadwal sebagai acuan.

    "Saat ini kami sedang memastikan kembali semua kebutuhan tahapan pilkada. Mulai dari dukungan anggaran, program hingga kesiapan penyelenggara ad hoc," jelas Imran.

    Informasi awal kata mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah ini, sesuai rancangan Peraturan KPU tahapan pemilihan akan dimulai kembali pada 15 Juni 2020 mendatang. Diawali dengan pengaktifan kembali masa kerja PPK dan pelantikan PPS hasil seleksi sebelumnya.

    "Kepastian dimulai tahapan pemilihan tinggal menunggu Peraturan KPU keluar," ujar Ketua KPU Bima di ruang kerjanya.

    KPU Kabupaten dan Kota se-NTB lanjut dia, juga telah melaksanakan Rapat Pimpinan Rabu (3/6/2020) dengan KPU Provinsi NTB. Beberapa hal yang dibahas yakni terkait teknis penyelenggaraan Pilkada masa normal baru dengan standar Covid 19.

    "Tahapan yang akan dilaksanakan semua akan menggunakan standar Covid 19. Ini demi keamanan penyelenggara, pemilih dan peserta nantinya," jelas Imran.

    Tentu penyesuaian ini sambungnya, juga berdampak pada revisi anggaran Pilkada. Sehingga saat ini sedang dirancang kembali kebutuhan anggaran baru untuk disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi NTB.

    Hal lain yang dibahas dalam Rapim sebutnya, yakni persiapan tahapan terdekat yang segera harus dilakukan bagi daerah yang melaksanakan Pilkada di NTB. 

    "Pada prinsipnya kami siap melaksanakan tahap sembari menunggu terbitnya PKPU. Mudah-mudahan semua dilancarkan," harap Imran. (ZR.03)