• Kinerja Birokrasi Pemkot Dinilai Lamban

    M Irfan SSos, Msi, Anggota Komisi A DPRD Kota Bima
    Kota Bima, (Zona Rakyat).- Banyaknya kekosongan penjabat di dinas dan puluhan guru di sekolah-sekolah lingkup Pemerintah Kota Bima dinilai menghambat kinerja birokrasi. Demikian dikatakan Irfan, Sos MSi, anggota Komisi A DPRD Kota Bima kepada media ini, Kamis (23/07).
    Menurut Irfan, tidak maksimalnya kinerja birokrasi disebabkan lambannya proses mutasi pejabat dan puluhan guru yang kurang di setiap sekolah. Pejabat dinas yang tidak berpenghuni alias kosong antara lain, Kepala Disnaker, Kepala Dinas Pariwisata, Sekertaris Dinas yang sudah memasuki masa pensiun, Kabid, Kasi dan puluhan guru di banyak sekolah.
    Irfan yang dikonfirmasi via seluler menyanyangkan lambannya kerja birokrasi Kota Bima untuk mengisi kekosongan pejabat. "Pengaruh kosongnya pejabat dan guru-guru bisa bikin semua kegiatan birokrasi tidak maksimal," keluhnya. 
    Untuk itu, Walikota harus lebih tegas melihat kekosongan pejabat hingga hari ini. Pejabat yang dipilih pun harus profesional, sebab keberhasilan penyelenggara pemerintahan dan pembangunan sangat ditentukan peranan pegawai negeri sipil sebagai unsur sumber daya aparatur negara.
    Calon Doktor itu menjelaskan, sosok pejabat yang dipromosikan harus mempunyai kompetensi dimana terindikasikan dari sikap dan perilakunya penuh dengan kesetiaan dan ketaatan pada daerah.
    Ia menambahkan, selain profesional, pejabat harus bermoral dan bermental baik, serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik. Sehingga mampu menunjukan dirinya sebagai pejabat. "Profesional itu harus berkompetensi, bermoral dan bertanggung jawab atas amanah yang diembannya," tandas Irfan. (ZR.007)