• Mahasiswa STIS Al-Ittihad Bima PPL di KUA, Baznas dan PA Bima

    Mahasiswa STIT Al-Ijtihad saat melaksanakan kegiatan PPL 

    Kota Bima, Zona Rakyat.-
    Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah (STIS) Al-Ittihad Bima melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang yang merupakan salah satu kegiatan akademik. PPL ini memiliki bobot empat SKS untuk membimbing dan melatih mahasiswa Program Studi (Prodi) di Ahwal Al Syakhsyiyah (Hukum Keluarga Islam) dan prodi Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah).

    "Kegiatan PPL ini sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa STIS Al-Ittihad Bima," kata Azharul Islam salah satu dosen DPL di KUA Raba.

    Dijelaskannya, PPL atau magang ditempatkan di tiga instansi yakni Kantor Urusan Agama (KUA) Asakota, Rasanae Barat, dan Mpunda. Kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bima, dan Pengadilan Agama (PA) Bima. Terhitung sejak tanggal 28 Juni hingga  3 Juli di KUA dan BAZNAS, kemudian dari tanggal 7 hingga 21 Juli di kantor PA Bima.

    Azharul menjelaskan, kegiatan PPL sebagai upaya membekali mahasiswa dengan kemampuan praktis, sehingga memiliki kemampuan profesional baik secara teoritis maupun  praktis di bidang hukum keluarga, wakaf dan waris.

    Sementara itu Suharti, S.Hi., M.Hi., yang juga salah satu dosen DPL dan praktisi di Baznas Kabupaten Bima mengaku, kegiatan PPL di Baznas dinilai sangat membantu karena mahasiswa langsung action dan ikut terlibat dalam beberapa kegiatan operasional di Baznas.

    "Kami merespon positif kegiatan ini dan meminta agar di tahun berikutnya akan ada lagi mahasiswa yang dititip untuk magang di Baznas Kabupaten Bima," ungkapnya.

    Hal senada juga disampaikan dosen DPL di Kantor PA Bima, Ma'ruf Jauhari SAg MH. Praktek PPL mahasiswa STIS Al-Ittihad Bima di kantor PA dinilai sangat baik. Kinerja mahasiswa sangat membanggakan.


    Ketua Panitia PPL Abu Bakar Siddik, M.M, mengungkapkan, salah satu tujuan PPL sendiri yakni mahasiswa dituntut mampu mengenali dan menganalisa permasalahan yang terjadi. Mampu memberikan tawaran-tawaran solusi, khususnya di kantor PA Bima yang notabene berhadapan dengan berbagai masalah masyarakat yang beragam.

    Mahasiswa STIS ditambahkannya, menjalani praktek lapangan di beberapa sektor utama PA antara lain pos Bantuan Hukum (Bakum), Produk Perkara, Pembuatan Gugatan/Permohonan, Registrasi Perkara.

    "Mahasiswa cukup cepat dalam memahami konsep implementasi kerjanya serta telah mampu memberikan beberapa implikasi solusi dari setiap permasalahan yang ditemuinya dalam proses magang ini," ungkapnya.

    Sekretaris Panitia PPL mengaku, sejauh ini tidak ada kendala administratif yang besar dalam proses PPL, sebab dosen-dosen DPL juga merupakan praktisi di kantor-kanror tujuan PPL. Oleh karena itu segala proses administrasi, pendampingan hingga evaluasi tidak memiliki banyak kendala.

    Ketua STIS Al-Ittihad Bima, Dr. Muhammad Mutawali, MA., mengaku telah mengkonsepkan dengan baik  kegiatan PPL tersebut. Diturunkan dari visi hingga rencana strategis STIS Al-Ittihad Bima.

    "Tugas kami ke depan adalah memastikan bahwa kegiatan implementatif seperti ini terus ada dan memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa STIS Al-Ittihad Bima, guna menunjang kemampuan praktis mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja," harapnya. (ZR.06).