• Warga Rontu Keluhkan Tak Dapat Bantuan Sosial Tunai

    Hasanah, warga Rontu yang tidak mendapatkan BST

    Kota Bima, Zona Rakyat.-
    Ditengah pandemi yang melanda seperti saat ini masyarakat terdampak seharusnya mendapat bantuan dari pemerintah, namun tidak dengan beberapa warga  di Kelurahan Rontu Kota Bima. Mereka mengeluhkan tidak mendapat Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah dan hilangnya beberapa nama penerima manfaat di wilayah tersebut.

    Salah seorang warga Kelurahan Rontu Hasanah (55) menceritakan, bahwa namanya dan beberapa warga lainnya hilang dari daftar penerima manfaat.

    "Nama saya dan beberapa orang hilang dalam daftar penerima BST," katanya.

    Menanggapi hal tersebut Kepala Kelurahan Rontu Amirudin S.Sos menjelaskan, pihak kelurahan tidak pernah mendapat penjelasan ada konfirmasi dari Dinas Sosial Kota Bima terkait penambahan maupun pengurangan nama-nama penerima manfaat. Bahkan kapan dan siapa saja yg mendapat bantuan, pihaknya mengaku tidak pernah dilibatkan.

    "Mestinya Dinas Sosial harus menyampaikan kondisi itu kepada kami di kelurahan. Kami juga merasa kaget tiba-tiba warga kami keluhkan soal ini," terang lurah.

    Sementara Dinas Sosial Kota Bima melalui Kabid PMF (Penanganan Fakir Miskin) Drs Iksan mengaku, persoalan tersebut baru diketahuinya semalam. Seluruh data by name by adress (BNBA) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST tidak disampaikan oleh Kementerian Sosial kepada Dinas Sosial sejak bulan Maret lalu.
    "Memang jumlah pencairan per Mei terakhir 8842, sedangkan sekarang yang keluar hanya 5743. Sisanya belum ada konfirmasi dari pusat," jelas Kabid. (ZR.05)