• Breaking News

    Pelaksanaan Penanaman Mangrove BPDSHL Dodokan Moyosarita Tahun 2020 Berjalan Dengan Baik


    Mataram, Zona Rakyat - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Dodokan Moyosari melakukan kegiatan Padat Karya Mangrove (PKM) untuk mendukung kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2020, dimana kegiatan tersebut dilakukan pemerintah khususnya saat kondisi ekonomi Indonesia sedang kritis karena dihantam pandemi covid-19.

    Kepala BPDASHL Sodokan Moyosari Ir. Djarot Prihambodo Menjelaskan Rehabilitasi mangrove yang bertujuan memulihkan Kawasan hutan mangrove yang mengalami kerusakan  serta meningkatkan  tutupan hutan mangrove. Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

    BPDASHL Dodokan Moyosari pada Tahun 2020 melakukan PKM seluas 400 Ha dengan menggunakan pola intensif dan rumpun berjarak, dimana kegiatan ini  melibatkan 24 kelompok masyarakat beserta anggotanya  dengan jumlah hari orang kerja (HOK) sebanyak 48.162 yang tersebar di 6 Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

    Dana padat karya penanaman mangrove ini dibayarkan langsung ke rekening setiap anggota pokmas sebagai bentuk upah kerja dan kepada kelompok untuk pembelian bahan seperti untuk penyediaan bibit, bambu untuk ajir, dan pelindung tanaman sesuai dengan prestasi kerja dan tata minggu (mingguan atau dwi mingguan) pelaksanaan kegiatan dengan harapan dapat menjadi stimulus perekonomian bagi masyarakat di sekitar ekosistem mangrove dan sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional, melalui pemberian kesempatan untuk berusaha dan melakukan aktivitas yang dapat memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat serta ekosistem mangrove.

    Dari hasil kunjungan lapangan yang dilakukan oleh BPDASHL Dodokan Moyosari mendapatkan banyak pernyataan bahwa banyak masyarakat pesisir yang terbantu secara ekonomi dan berharap bahwa kegiatan ini dapat terus dilanjutkan, selain itu juga hasil penanaman mangrove dapat dijadikan alternative untuk mendukung sektor pariwisata yang sedang berkembang pesat saat ini.(ZR-05)

    Tidak ada komentar