• Pemkab Bima Luncurkan Integrasi SID dan SIBISA


    Kabupaten Bima, Zona Rakyat, - Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik bermitra dengan Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK) NTB Senin (13/12) melakukan Launching (Peluncuran) Integrasi Sistem Informasi Desa (SID) dengan Sistem Informasi Bima Satu Data (SIBISA) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima.

    Launching yang dihelat secara hybrid tersebut mengundang 50 peserta  tatap muka (offline) yang merupakan Kepala Perangkat Daerah,  BPS,  Tim Inovasi Kabupaten Bima dan peserta Tatapmaya (virtual) yaitu para Camat,  Kades dan  Operator SID Se-Kabupaten Bima. 

    Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri SE yang didampingi Pelaksana Tugas Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima Kamaludin S.Sos, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima Muhadi dan District Coordinator KOMPAK Bima Asrullah Lukman dalam memberikan sambutan dan melakukan launching aplikasi menegaskan pentingnya data yang akurat dalam pembangunan daerah. 

    "Upaya integrasi SIBISA dan SID sebagai basis data yang menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pemerintah Kabupaten Bima, diharapkan bisa mengurai kesenjangan data yang ada. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kecepatan akses dan ketepatan data yang sangat diperlukan bagi pemerintah daerah karena menentukan sempurna atau tidaknya program yang dilaksanakan baik melalui anggaran pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten". Ungkap Bupati. 

    Sibisa  akan mengintegrasikan beragam data yang ada di perangkat daerah sehingga kabupaten Bima memiliki satu basis data yang akan dipergunakan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan. Ini juga merupakan implementasi dari amanat RPJMD kabupaten Bima Tahun 2021-2026.

    "Agar aplikasi ini dapat diterapkan dan  berhasil perlu didukung oleh perangkat yang memadai. Dinas Kominfo dan Statistik diharapkan secara berkelanjutan melakukan pemutakhiran aplikasi dan peningkatan kompetensi yang ada dan keberfungsian perangkat dan jaringan di seluruh area." Terang Bupati.

    Launching ditandai dengan pengoperasian koneksi aplikasi dengan operator SID di tingkat desa oleh Bupati Bima didampingi Kadis Kominfostik, Kepala BPS Kabupaten Bima dan DC KOMPAK Bima.(ZR - 04).