• Breaking News

    Festival Teluk Bima, Ini Juaranya

    Bupati bersama peserta lomba saat Festival Teluk Bima, Jumat (6/7/2018) di Panda Bima.
    Bima, Zona Rakyat.-Festival Teluk Bima dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Bima ke- 378 tahun 2018 yang berlangsung, Jumat (6/7/2018) di jalan dua jalur Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. 
    Berbagai mata lomba yang yang dilaksanakan berhasil menentukan para juaranya. 
    Pada lomba bakar ikan, dewan juri menetapkan 5 kriteria yakni kesehatan ikan, jenis ikan/khas,  kostum peserta, higienis dan penataan sajian.
    Dari catatan panitia, lebih dari 148 tim yang mengikuti lomba pada ruas jalan sepanjang lebih dari 378 meter dan berhasil menempatkan Tim Dusun Lara Desa Tambe sebagai terbaik I. Disusul Kecamatan Tambora pada urutan terbaik II dan Tim Desa Nisa Kecamatan Woha pada posisi III. Sedangkan terbaik IV diraih Tim Desa Risa Kecamatan Woha dan Tim K3S Kecamatan Woha pada posisi V.
    Festival yang dihadiri ribuan pengunjung tersebut menampilkan Lomba Masak dan Inovasi Serba Ikan dan membagi 4 kategori yaitu menu lengkap, menu kudapan, menu Ralita dan Menu Keluarga.
    Pada Kategori Menu lengkap, Juara I diraih TP PKK Kecamatan Ambalawi, disusul Kecamatan Sape pada posisi II dan juara III diraih Kecamatan Lambu. Sementara pada posisi juara harapan I diraih Kecamatan Madapangga, Juara Harapan II Kecamatan Donggo dan Harapan III Kecamatan Tambora.
    Selanjutnya, pada Kategori Menu Kudapan, TP PKK Kecamatan Wera berhasil menyabet juara I, disusul Kecamatan Lambitu pada juara II, Kecamatan Wawo Juara III dan Kecamatan Monta juara IV.
    Untuk Kategori Menu Ralita, Juara I diraih Kecamatan Belo, Juara II Kecamatan Soromandi dan Juara III Kecamatan Sanggar.
    Selanjutnya pada Kategori Menu Keluarga, Juara I diraih TP PKK Kecamatan Palibelo, Juara II Kecamatan Langgudu, Juara III Kecamatan Parado dan Juara IV Kecamatan Bolo. 
    Panitia juga menetapkan Kecamatan Woha sebagai Juara Favorit pada Lomba Masak dan Inovasi Serba Ikan tahun 2018. 
    Event lain pada festival tahun ini yakni Lomba Desain Makanan Kemasan Berbahan Dasar Ikan dan dewan juri menetapkan 5 besar terbaik. 
    Juara  I,  Komunitas Peduli Yatim Desa Sumi Lambu dan mendapatkan hadiah Rp2,5 Juta dan bingkisan, juara II diraih Mahasiswa Vokasi Unram PDD Bima yang menyajikan kerupuk cangkang kepiting dan mendapat hadiah Rp2  juta dan bingkisan dan juara III disabet Turaya Desa Kalampa - Woha yang menyajikan abon bandeng,  mendapat hadiah Rp. 1,5 juta plus bingkisan. Sedangkan juara IV dan V semuanya diraih Mahasiswa Vokasi Unram yang menyajikan sate bandeng dan olahan bandeng. Masing-masing mendapatkan hadiah Rp1 Juta dan Rp500 Ribu. 
    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir Hj Nurma MSi dalam  sambutan singkatnya mengatakan,  lomba ditujukan untuk meningkatkan keterampilan memasak menu berbahan dasar ikan.  
    Dijelaskan Nurma, kegiatan ini menjadi salah satu upaya menyebarluaskan keanekaragaman jenis masakan berbahan baku ikan. Disamping itu juga sebagai upaya mengkampanyekan pemanfaatan sumberdaya ikan secara berkelanjutan.
    "Ini upaya kita juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," ungkapnya. (ZR.04)